Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sebelum Investasi Apartemen, Simak 5 Faktor Penting Berikut

Rabu, 3 Agustus 2022 12:54 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada masa kini, banyak masyarakat, terutama profesional muda di perkotaan, memilih tinggal di apartemen. Ada dua keuntungan yang paling menonjol dari investasi apartemen. Pertama, keuntungan dari kenaikan harga jual atau capital gain dan kedua potensi pendapatan rutin dari sewa.

Sejumlah analis dan pelaku industri properti memproyeksikan tren peningkatan harga apartemen sebentar lagi tak bisa dihindari. Hal itu didorong oleh pulihnya kondisi perekonomian Indonesia akibat hantaman Covid 19.

Mumpung harga masih rendah, banyak orang berinvestasi. Sebelum memulai perhatikan 5 faktor yang dapat mendongkrak harga jual apartemen:

1. Lokasi Strategis

 Lokasi menjadi faktor terpenting yang mendorong peningkatan nilai jual apartemen. Pilihlah apartemen yang lokasi yang strategis, seperti berada di kawasan pusat bisnis, dekat sarana transportasi umum, gerbang tol, area perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga pusat pendidikan.

Semakin strategis lokasi apartemen yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan unit tersebut dapat disewakan atau dijual kembali.

2. Fasilitas Lengkap

Dilengkapi dengan fasilitas kenyamanan yang baik dan lengkap tentunya akan membuat nilai aset properti semakin tinggi.

Contohnya, seperti tersedianya fasilitas kolam renang, concierge, laundry, minimarket, gym & fitness centre, sistem keamanan 24 jam dan lain sebagainya.

Berita Terkait : China Kepincut Investasi Di Sektor Mobil Listrik

Tersedianya beragam fasilitas tersebut akan menambah nilai properti karena mampu memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Fasilitas pendukung di luar apartemen juga tak kalah penting, seperti tempat hiburan, rumah sakit, perkantoran, sarana pendidikan, pusat belanja, dan sarana olahraga.

Semakin lengkap fasilitas yang ada di sekitar apartemen akan membuat aset apartemen Anda dilirik oleh calon pembeli atau penyewa.

3. Berada di Kawasan Sunrise Property

Sunrise property merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah kawasan yang sedang berkembang. Jika Anda ingin investasi apartemen, sebaiknya pilihlah produk apartemen yang berada di kawasan ini, karena memiliki tingkat pertumbuhan harga yang tinggi.

Apartemen yang berlokasi di kawasan sunrise property harganya cenderung masih terjangkau dan memiliki potensi peningkatan harga cukup tinggi secara jangka panjang.

4. Memiliki Konsep Unik

 

Konsep apartemen yang unik ternyata turut membuat nilai jual apartemen Anda meningkat. Konsep yang unik akan membuat apartemen Anda berbeda dari produk lainnya, sehingga dapat mendatangkan calon pembeli dan penyewa.

Konsep unik yang dimaksud tetap haruslah mengacu dan memenuhi aspek keindahan, fungsional, dan kenyamanan. Pilihlah apartemen yang memiliki konsep desain yang baik dan unik karena memberikan nilai tambah.

Berita Terkait : Malam Ini, Singo Edan Fokus Bentengi Lini Belakang

5. Pengembang Terpercaya

Membeli apartemen dari pegembang besar yang memiliki pengelaman dan track record yang baik jelas meningkatkan nilai jual apartemen.

Pengembang besar dan berpengalaman tentu tidak akan sembarangan dalam membangun apartemen. Mereka sudah memikirkan banyak hal.

Mulai dari konsep, kualitas bangunan, potensi pengembangan lokasi, hingga aspek penyediaan fasilitas serta kemudahan aksesibilitas menuju apartemen.

Bagi yang ingin investasi apartemen dan mengincar keuntungan dari capital gain maupun potensi pendapatan sewa, memilih membeli apartemen SQ Rés merupakan langkah tepat.

Pasalnya, apartemen yang dikembangkan di dalam kawasan perkantoran terpadu ini memiliki banyak nilai tambah, baik dari kualitas, kenyamanan tinggal, hingga potensi kenaikan harga yang menguntungkan.

Mengusung konsep tema “Oasis in the City”, apartemen ini menawarkan konsep hunian bergaya resort modern dan nyaman serta dilengkapi fasilitas lengkap untuk bersosialisasi, bersantai, dan berkumpul bersama teman atau keluarga.

Apartemen SQ Rés dibangun oleh pengembang ternama PT Intiland Development Tbk. Ini menjadi bagian dari pengembangan kawasan perkantoran terpadu South Quarter, apartemen SQ Rés berlokasi di Jalan RA Kartini, Cilandak Barat, TB Simatupang, Jakarta Selatan.

 

Hunian vertikal ini berada di lokasi yang sangat strategis, karena berdekatan dengan layanan transportasi publik. Contohnya berjarak hanya 500 meter dari Stasiun MRT Fatmawati dan 600 meter dari Stasiun MRT Lebak Bulus.

Berita Terkait : Estelle Linden, Dilamar Pebisnis Kripto

Sementara bagi mereka yang sering menggunakan kendaraan pribadi, apartemen ini juga berdekatan dengan Tol JORR 2. SQ Rés dikembangkan menjadi bagian dari konsep Transit Oriented Development (TOD) Lebak Bulus yang mempunyai nilai tinggi.

Sebab, mengedepankan aspek connectivity, accessibility dan walkability yang menjawab kebutuhan masyarakat urban.

Apartemen SQ Rés dikembangkan di atas lahan seluas 1,3 hektar dan merupakan bagian dari pengembangan kawasan mixed-use terpadu South Quarter.

Apartemen SQ Rés dibangun sebanyak dua tower dengan ketinggian mencapai 21 lantai. Dua tower tersebut menyediakan sebanyak 700 unit apartemen berbagai tipe unit, mulai dari tipe studio (30 m2), 1 bedroom (45 m2), 1 bedroom + study room (60 m2), 2 bedroom (93 m2), 2 bedroom + corner (86 m2) hingga tipe terbesar Dual Key (117 m2).

Salah satu tower saat ini sudah melakukan tahapan penutupan atap atau topping off dan ditargetkan selesai pada triwulan kedua tahun depan.

Selain menyediakan banyak alternatif unit pilihan, apartemen SQ Rés juga menyediakan fasilitas kebutuhan dan kenyamanan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Sebut saja, fasilitas kolam renang, jogging track, gym, area park and ride untuk menuju MRT Fatmawati, perpustakaan, kafe, hingga area bermain anak. ■