Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sebelum Usaha Pakai Jasa Influencer, Simak Tips Berikut

Sabtu, 1 Oktober 2022 10:33 WIB
Ilustrasi influencer. (Foto: Ist)
Ilustrasi influencer. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak pelaku usaha yang kini memanfaatkan media sosial (medsos) dalam memasarkan bisnisnya. Banyak yang menggunakan jasa influencer.

Relawan TIK Jawa Barat Ferri Andrianov memandang, banyak pelaku usaha yakin pemasaran akan lebih efektif apabila menggunakan jasa influencer atau key opinian leader.

Mengutip data hasil survei yang menyebutkan bahwa di masa pandemi Covid-19 banyak orang menghabiskan waktunya dengan bermedia sosial.

Berita Terkait : Pertahankan Kinerja, Jasa Raharja Diperkuat Komisaris Baru

Persentasenya sekitar 44 persen dari total populasi di Indonesia. Lalu 58 persen di antaranya aktif menggunakan media sosial.

Sementara itu, rata-rata warga Indonesia menghabiskan waktunya di media sosial sebanyak 3 jam 17 menit atau melebihi kebanyakan warga dunia yang 2 jam 22 menit.

“Oleh karena itu, pemasaran produk secara online bisa terbilang efektif," ujar Ferri dalam webinar bertajuk, Mempromosikan Usaha Online Melalui Influencer yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, di Makassar, Sulawesi Selatan, dikutip Sabtu (1/10).

Berita Terkait : Jelang SEA Games Kamboja, PP Perbasi Siapkan Timnas Basket Putra

Sebenarnya, ada dua cara memasarkan produk, yaitu secara organik dan yang secara berbayar. Untuk yang organik memanfaatkan Instagram, TikTok, Facebook, maupun WhatsApp untuk bisnis.

Ferri juga memaparkan sejumlah strategi pemasaran secara online. Antara lain menggunakan nama akun yang mudah dicari, sekalipun dicari dengan menggunakan ejaan yang sama persis. Lalu memiliki bio yang representatif dan yang menjelaskan jenis usaha.

Berikutnya adalah konsisten memposting tentang produk yang dijual dan responsif terhadap permintaan atau komentar pelanggan.

Berita Terkait : Sebelum Harga BBM Naik, Kepuasan Ke Jokowi 72%

Ia menyarankan untuk pemasaran dengan jasa influencer, tipsnya adalah cari terlebih dahulu alternatif buzzer berikut tarifnya untuk membandingkan efektivitas dan anggaran yang dimiliki.

"Sebelum memutuskan menggunakan jasa mereka, amati dulu aktivitas mereka di media sosial, seperti apa karakter follower-nya. Apabila cocok, silakan hubungi dengan memberikan arahan tertulis yang jelas,” kata Ferri.
 Selanjutnya