Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sebelum Usaha Pakai Jasa Influencer, Simak Tips Berikut

Sabtu, 1 Oktober 2022 10:33 WIB
Ilustrasi influencer. (Foto: Ist)
Ilustrasi influencer. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia Makassar Hadawiah juga memberikan sejumlah tips bagaimana menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk barang dan jasa pelaku usaha.

Disarankan memilih influencer yang pengikutnya cocok atau menjadi target sasaran produk yang hendak dijual.

"Ingat! sosok influencer yang dipilih harus memiliki reputasi yang positif dan cocok dengan produk yang kita jual," ucapnya.

Baca juga : Pertahankan Kinerja, Jasa Raharja Diperkuat Komisaris Baru

Selain itu, konten yang dibuat di media sosial sebagai sarana pemasaran juga harus berkualitas.

“Tak hanya itu, pengaruh story telling tentang produk yang kita jual juga sangat penting dan bisa mempengaruhi audiens untuk membeli produk kita tersebut lewat media sosial,” kata Hadawiah.

Founder Mom Influencer ID Chyntia Andarinie mengatakan, sejumlah tantangan bagi influencer dalam pemasaran produk barang atau jasa dari pelaku usaha.

Baca juga : Jelang SEA Games Kamboja, PP Perbasi Siapkan Timnas Basket Putra

Menurutnya, tantangan itu adalah algoritma media sosial yang dinamis, reaksi follower atau warganet, serta rasa jenuh akibat kebuntuan ide.

Dalam algoritma, saat ini tidak bisa diprediksi seberapa banyak follower yang melihat atau menyukai konten yang dipasarkan influencer.

“Lalu, komentar follower juga berpotensi membuat influencer menjadi ‘baper’. Sebab, tak selamanya komentar warganet itu positif," ucapnya.

Baca juga : Sebelum Harga BBM Naik, Kepuasan Ke Jokowi 72%

Ia mengatakan, sekarang yang penting, konten yang diunggah jangan sampai malah menjadi bumerang buat bisnis yang dipasarkan.

Adapun webinar ini adalah program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.