Dark/Light Mode

Kalau Emergency, Jangan Takut Ke Dokter Gigi Lho

Kamis, 28 Januari 2021 20:40 WIB
Kepala Klinik Gigi Eksekutif, RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti) drg. Aryadi saat  talk show RMco.id bertajuk Perawatan Gigi Di Tengah Pandemi Covid-19, kemarin. (Foto: Youtube)
Kepala Klinik Gigi Eksekutif, RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti) drg. Aryadi saat talk show RMco.id bertajuk Perawatan Gigi Di Tengah Pandemi Covid-19, kemarin. (Foto: Youtube)

 Sebelumnya 
Meski begitu, Aryadi menganjurkan, pasien yang datang ke dokter gigi sebaiknya hanya yang mengalami kondisi darurat saja. Kondisi darurat yang dimaksud, di antaranya nyeri hebat pada gigi yang tidak bisa sembuh dengan obat. “Sampai nggak bisa tidur, nggak bisa aktivitas. Ini masuk kategori darurat,” terang Aryadi.

Baca juga : Halal, Menag Ajak Warga Jangan Ragu Ikut Vaksin Covid-19

Kondisi darurat lain, gigi patah hingga menimbulkan nyeri, gigi mengalami pendarahan hebat, hingga tulang rahang yang bergeser atau retak karena mengalami kecelakaan. Yang lebih berbahaya, jika ada infeksi yang menimbulkan trauma utama. Ini bisa mengganggu aktivitas bernapas, hingga berujung kematian. “Ini perlu penanganan,” ucapnya.

Baca juga : Senator Asal Papua Sebut Jangan Takut Ada Pemekaran Wilayah

Sementara bagi yang hendak sekadar konsultasi, Aryadi menyarankan tak perlu datang ke klinik gigi atau RSGM. Mereka bisa memanfaatkan aplikasi digital, yakni Telemedicine Dentistry. Aplikasi ini memang dikhususkan bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi mengenai kesehatan giginya. Masyarakat sebagai calon konsumen bisa berinteraksi dengan dokter lewat panggilan video atau video call.

Baca juga : Maklumat Kapolri: Jangan Sebarkan Konten FPI di Media Sosial

Layanan ini dilakukan dokter untuk mendiagnosis, mengobati, mencegah dan mengevaluasi kesehatan pasien dengan tetap memperhatikan kompetensi dan kewenangannya. Dokter akan mengevaluasi kondisi kesehatan pasien. “Mulai dari konsultasi, pemberian obat, hingga perencanaan penanganan selanjutnya,” tandasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.