Dark/Light Mode

Ini 6 Tips Atur Duit THR, Biar Nggak Cepet Ludes

Sabtu, 1 Mei 2021 07:54 WIB
Ini 6 Tips Atur Duit THR, Biar Nggak Cepet Ludes

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebaran 12 hari lagi. Sebagian dari kita, tentu ada yang sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari kantor.

Certified Financial Planner Lifepal Aulia Akbar mengatakan, THR harus digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan dihabiskan untuk keperluan yang sifatnya konsumsi belaka.

Anda harus bijak menggunakan uang. Apalagi, pandemi Covid tampaknya masih belum akan berakhir dalam waktu dekat.

"Anda tetap harus punya dana darurat, yang akan menjadi penopang kehidupan Anda, di tengah kondisi penuh ketidakpastian. Atau jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Aulia Akbar, dalam Diskusi Bijak Atur Uang Saat Ramadan dengan moderator Talitha Dyah Saraswati dari abisgajian.id, Rabu (28/4).

Baca juga : Tekuk Dolar, Rupiah Udah Nggak Lemes Lagi

Acara tersebut juga bisa diikuti melalui akun Instagram @abisgajianid.

Berikut tips menggunakan THR yang disarankan Aulia Akbar, agar tidak cepat ludes:

1. Beli Baju baru Dan Perlengkapan Ibadah Secukupnya

Meski identik dengan Hari Raya Idul Fitri, membeli baju baru dan perlengkapan ibadah bukanlah suatu kewajiban. Jika baju dan perlengkapan ibadah Anda masih bagus dan layak pakai, Anda bisa mengalokasikan dana belanja ini, untuk keperluan lain yang lebih penting. Atau menambah saldo tabungan.

Baca juga : Gibran: Sekolah Tatap Muka Dibuka Juli, Nggak Boleh Mundur

2. Gunakan Sebagian Uang THR Untuk Menabung

Kalau selama ini Anda sudah rutin menabung dengan menyisihkan uang gaji, THR bisa jadi tambahan untuk mengisi tabungan. Anda bisa menyisihkan 10-50 persen uang THR untuk ditabung, sesuai kebutuhan dan keinginan.

Anda juga bisa menyisihkan uang THR untuk tabungan membeli hewan kurban, mengingat Hari Raya Idul Adha cukup berdekatan dengan Idul Fitri.

3. Jangan Lupakan Zakat Fitrah, Infak, Dan Sedekah

Baca juga : Vaksinasi Dan Reformasi Struktural Dikebut, Ekonomi Diyakini Cepat Pulih

Kewajiban ibadah ini jangan dilupakan, karena ada hak orang lain di dalamnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.