Dark/Light Mode

Ini 6 Tips Atur Duit THR, Biar Nggak Cepet Ludes

Sabtu, 1 Mei 2021 07:54 WIB
Ini 6 Tips Atur Duit THR, Biar Nggak Cepet Ludes

 Sebelumnya 
4. Prioritaskan Membayar Utang Dan Siapkan Dana Darurat

Anda sangat disarankan menggunakan uang THR untuk membayar utang seperti tagihan kartu kredit, pinjaman online dan mengumpulkan dana darurat.

Kebutuhan dana darurat setiap orang berbeda-beda, tergantung besarnya tanggungan. Dalam hal ini, Aulia Akbar menyarankan pengaturan dana darurat sebagai berikut:

a. Lajang dengan penghasilan tetap, tak punya utang, dan masih tinggal dengan orangtua, dana darurat cukup 3 kali pengeluaran bulanan.

Baca juga : Tekuk Dolar, Rupiah Udah Nggak Lemes Lagi

b. Berkeluarga dengan satu anak, punya cicilan, disarankan memiliki dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran bulanan.

c. Berkeluarga lebih dari 1 anak, setidaknya perlu dana darurat lebih dari 6 kali pengeluaran bulanan.

d. Bagi mereka yang memiliki pendapatan tidak tetap risiko pekerjaan tinggi, atau pencari nafkah tunggal sebaiknya memiliki dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran bulanan. 

"Namun, di tengah situasi Covid-19 yang penuh ketidakpastian, saya menyarankan setiap orang punya darurat setidaknya 6 kali pengeluaran bulanan. Setelah kebutuhan danaa darurat terpenuhi, baru kita masuk ke proteksi dan investasi,"kata Aulia Akbar. 

Baca juga : Gibran: Sekolah Tatap Muka Dibuka Juli, Nggak Boleh Mundur

5. Sisihkan Untuk Investasi

Karena tidak termasuk pendapatan rutin, sebaiknya THR tidak digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Anda harus bisa memanfaatkannya, untuk tujuan jangka panjang. 

6. Alihkan Dana Mudik Untuk Melunasi Cicilan

Berhubung pemerintah sudah melarang mudik, demi menekan laju penyebaran Covid, maka dana THR yang biasanya dialokasikan untuk tujuan tersebut, bisa dialihkan untuk membayar utang dan cicilan.

Baca juga : Vaksinasi Dan Reformasi Struktural Dikebut, Ekonomi Diyakini Cepat Pulih

Sayangi keluarga dan orang tercinta Anda, dengan tidak mudik. Penghormatan dan kasih sayang Anda kepada mereka, bisa diwujudkan dengan meminimalkan potensi risiko mereka tertular Covid-19. 

Anda bisa tetap merajut silaturahmi, dengan menggunakan sarana virtual seperti WhatsApp Call, Zoom, dan sebagainya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.