Dark/Light Mode

Juara Tangani Corona, Disayang-sayang Buruh

Anies Makin Manis

Senin, 20 Desember 2021 08:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Twitter @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

 Sebelumnya 
Yang menjadi penilaian adalah bagaimana respons kota dalam penanganan pandemi Covid-19 seperti vaksinasi, ekonomi, pencegahan, tata kelola pemerintahan, dan keamanan. Dari penilaian ini, Jakarta berhasil masuk dalam 50 kota besar terbaik dalam menangani Corona.

Selain soal penanganan Corona, Anies juga kini sedang disayang kaum buruh. Mereka memuji-muji Anies, yang mau merevisi kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2022 dari Rp 37 ribu menjadi Rp 225 ribu. Dengan keputusan ini, UMP DKI naik 5,1 persen, dari Rp 4,4 juta menjadi Rp 4,6 juta.

Baca juga : Lomba Orasi Kapolri Diapresiasi Buruh, Andi Gani: Inovasi Luar Biasa

Pujian pertama datang dari Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang juga Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal. Ia menilai Anies berani membuat keputusan politik yang berkeadilan. Ia berharap, para kepala daerah lain mengikuti jejak Anies dan merevisi UMP di daerahnya masing-masing.

Pujian juga disampaikan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI). Jubir KASBI Nining Elitos mengacungkan jempol kepada Anies yang berani mengambil keputusan berbeda dan mau mendengarkan aspirasi buruh.

Baca juga : Laura Anna, Pamerin Bukti Mobil Hancur

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Winarso juga mengangkat topi kepada Anies. "Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang telah mengambil satu kebijakan berdasarkan asas keadilan," kata Winarso.

Kata dia, kenaikan upah buruh bukan hanya jadi angin segar bagi para buruh. Tapi juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.