Dark/Light Mode

Diprediksi Jadi Episentrum Gelombang Ketiga

Vaksinasi Booster Digeber 100 Ribu Orang Per Hari...

Rabu, 26 Januari 2022 07:08 WIB
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan warga calon penerima vaksin Covid-19 dosis ketiga saat vaksinasi booster Covid-19 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/1/2022). (Foto: Antara/Galih Pradipta)
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan warga calon penerima vaksin Covid-19 dosis ketiga saat vaksinasi booster Covid-19 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/1/2022). (Foto: Antara/Galih Pradipta)

 Sebelumnya 
Di samping itu, Fraksi PAN Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta juga mendorong agar Pemprov DKI menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster. Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda mengimbau, agar warga Jakarta taat menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan menghindari kerumunan.

“Vaksinasi booster diyakini bisa meningkatkan daya cegah secara komunal efektif. Namun, pengetatan disiplin prokes harus menjadi standar di ruang publik,” katanya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Jokowi Apresiasi Capaian Cakupan Vaksinasi Di Riau

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak mengapresiasi vaksinasi booster pada warga lanjut usia (lansia). Menurut dia, vaksinasi booster kali ini berbeda dengan vaksinasi pada lansia sebelumnya. “Saya memuji Dinkes DKI. Vaksinasi pada lansia sekarang jauh lebih manusiawi,” katanya.

Sebagai informasi, Kemkes akan mempercepat vaksinasi booster atau dosis penguat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mengantisipasi penularan Omicron yang tergolong cepat.

Baca juga : Banteng Kebon Sirih Gelar Vaksin Booster Di Gedung DPRD

“Selain prokes dan surveillance (pengawasan), kami juga memastikan akan mempercepat vaksinasi booster bagi semua warga Jabodetabek. Sehingga, mereka siap kalau gelombang Omicron naik secara cepat dan tinggi,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Percepatan vaksinasi booster dilakukan supaya warga Jabodetabek siap menghadapi ledakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron. Kemungkinan, varian ini bakal menyebabkan ledakan kasus.

Baca juga : Besok, KPK Mulai Lakukan Vaksinasi Booster Buat Pegawainya

Menkes Budi menuturkan, sebagian besar atau lebih dari 90 persen transmisi lokal varian Omicron akan terjadi di DKI Jakarta. Sehingga perlu mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus di Jakarta yang bisa berdampak ke daerah sekitarnya. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.