Dark/Light Mode

DKI Pastikan Harga Sembako Stabil Saat Nataru

Selasa, 20 Desember 2022 20:13 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta berkomitmen melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan inflasi dan ketahanan pangan dalam menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Caranya, dengan menjaga kestabilan harga dan ketersediaan stok, memastikan pasokan komoditas pangan strategis, memperlancar distribusi pangan, serta membangun komunikasi efektif dan memperluas cakupan kerja sama antardaerah. 

Melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Ketahanan Pangan, Pemprov DKI Jakarta menggelar (High Level Meeting) HLM TPID DKI Jakarta di Ruang Pola Bappeda, Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (20/12). Rapat koordinasi ini membahas perkembangan perekonomian, perkembangan/prospek inflasi, serta upaya pengendalian inflasi Jakarta, khususnya jelang akhir tahun 2022. 

Baca juga : Tinjau Call Center 135, Pertamina Pastikan Layanan Prima Selama Nataru

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang memimpin HLM TPID DKI Jakarta ini menegaskan, dalam menghadapi HBKN Natal tahun ini dan perayaan Tahun Baru, Pemprov DKI Jakarta terus meningkatkan sinergi untuk menjaga ketahanan pangan. Ia pun memastikan bahwa pasokan kebutuhan pangan yang berkualitas untuk masyarakat Jakarta dalam kondisi stabil, serta harga pangan tetap terjaga dan terjangkau oleh masyarakat Jakarta. 

“Tentunya, ada beberapa bahan pokok yang naik, seperti telur dan beras, tapi tidak signifikan. Dan tadi Bu Asisten Perekonomian, juga dari Food Station (BUMD Cluster Pangan), menyampaikan stok pangan dalam kondisi safety dan cukup stabil, semuanya terjaga dengan baik," katanya. 

Baca juga : Menko PMK Pastikan Tak Ada Pembatasan Aktivitas Di Perayaan Nataru Tahun Ini

Disampaikan Heru, DKI Jakarta berhasil menjaga inflasi pada November 2022 sebesar 0,05 persen secara bulanan (mtm). Sampai dengan bulan November 2022 secara year to date, inflasi Jakarta mencapai 3,64 persen dan secara year on year inflasi Jakarta mencapai 4,11 persen. Capaian inflasi tersebut mendapatkan penilaian yang cukup baik. 

"Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bank Indonesia, OJK, Bulog, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, BPKP, Kejati, Perangkat Daerah dan BUMD Pangan, serta Bank DKI yang telah bekerja keras dalam mengendalikan inflasi di Jakarta," tuturnya. 

Baca juga : KAI Kerahkan Ribuan Petugas Amankan Angkutan Nataru

Perlu diketahui, Pemprov DKI Jakarta bersama-sama TPID dan Satgas Ketahanan Pangan serta para pemangku kepentingan lainnya telah melakukan berbagai upaya dalam pengendalian inflasi, serta mengantisipasi perayaan HBKN Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.