Dark/Light Mode

Kudu Pastikan Bansos Tepat Sasaran

RT & RW Garda Terdepan Atasi Kemiskinan Ekstrem

Selasa, 7 Februari 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Khairizal Anwar/RM).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

 Sebelumnya 
Untuk penanganan stunting, Heru menyampaikan, Pemprov DKIbersinergi dengan Kemen­terian Kesehatan, Kementerian Sosial, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Na­sional (BKKBN) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKIJakarta untuk melakukan sinkronisasi data dan menginter­vensi kasus stunting.

Heru mengimbau, pengurus RT/RW dan Dasawisma dapat terus membantu para ibu hamil untuk rutin memeriksakan ke­hamilannya. Dia juga mengajak para ibu untuk membawa balitanya ke Posyandu agar gizi anak terus terpantau.

Pentingnya peran RW da­lam menghadapi sejumlah per­masalahan diamini Pangdam Jaya Mayjen TNIUntung Bu­diharto. Menurutnya, peran RW sebagai pemimpin yang melaksanakan kegiatan admin­istrasi maupun penyelenggaraan pertahanan dan keamanan di daerah, sangat vital.

“RW bisa mengatasi tan­tangan kalau bisa me-manage masyarakat untuk bekerja sama, gotong royong dan saling meng­hormati,” kata Untung.

Baca juga : Ini Strategi Dan Arahan Ganjar Atasi Kemiskinan Ekstrem di Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran mengatakan, peran RW sangat strategis dan menjadi pilar da­lam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtib­mas). Karena mulai dari urusan administrasi, hukum, ekonomi, sosial dan budaya, ditangani di tingkat RW.

“Kalau satu RW aman, maka satu kelurahan aman. Kalau kelurahan aman, maka satu ke­camatan aman. Satu kecamatan aman, maka Kota Administrasi akan aman,” kata Fadil.

Ketua RW 01 Kelurahan Rawa Buaya, Muhammad Sharil me­nyatakan, siap bekerja sama dengan jajaran Forkopimda dan instansi terkait lainnya untuk mengentaskan kemiskinan eks­trem dan stunting.

Di wilayahnya, lanjut Sharil, pihaknya selama ini selalu berkoordinasi dengan pengurus RT, kader PKK dan Dasawisma melakukan pendataan ke warga berpotensi stunting.

Baca juga : Peruri Serahkan Bantuan Pohon Warga Terdampak Bencana Rob Karawang

“Kami siap bersinergi dan men­dukung program Pemprov DKIJakarta,” katanya, Sabtu (4/2).

Hal senada diutarakan Entong, Ketua RW 03 Kelurahan Duri Selatan. Menurutnya, sinergitas memang sangat penting untuk merealisasikan program Pe­merintah.

“Sebagai garda terdepan, kami siap membantu menurunkan angka kemiskinan ekstrem dan stunting, seperti yang dikatakan Pak Pj Gubernur,” ucapnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) DKIJakarta menyebut penduduk miskin eks­trem di Ibu Kota bertambah 0,89 persen. BPSmencatat, per Maret 2022 ada 95.668 penduduk Jakarta yang hidup di bawah kondisi miskin ekstrem.

Baca juga : Ini 4 Arahan Gubernur Ganjar Percepatan Penanganan Kemiskinan Di Jateng

Sementara itu, Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari 1,9 dolar ASmen­jadi 2,15 dolar ASper kapita per hari. Dengan asumsi kurs Rp 15.216 per dolar AS, maka garis kemiskinan ekstrem Bank Dunia adalah Rp 32.812 per kapita per hari atau Rp 984.360 per kapita per bulan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.