Dark/Light Mode

DKI Terima 45.335 Aduan Warga

Parkir Liar & Jalan Rusak Paling Banyak Dikeluhkan

Selasa, 7 Maret 2023 07:30 WIB
Petugas melayani warga yang melapor di Posko Pengaduan Masyarakat, Kompleks Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta. (Foto: Antara).
Petugas melayani warga yang melapor di Posko Pengaduan Masyarakat, Kompleks Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Proses penanganan laporan yang masuk, lanjut Andrian­syah, dilakukan transparan. Masyarakat bisa mengakses website crm.jakarta.go.id dan Instagram @cepatresponjkt un­tuk memantau perkembangan dan jumlah laporan/pengaduan yang terkirim.

“Data dan informasi yang disajikan tersebut senantiasa kami update secara berkala,” tegasnya.

Untuk mengenalkan cara kerja dan pemanfaatan aplikasi pelaporan/aduan warga, Ba­dan Layanan Umum Daerah (BLUD) Jakarta Smart City (JSC) terus menggelar sosialisasi. Tidak hanya ke warga, tetapi ke Suku Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Sudin Kominfotik) kota/kabupaten di Jakarta.

Baca juga : Diramaikan Ribuan Warga, Pupuk Indonesia Gelar Jalan Sehat Bersama BUMN Di 3 Kota

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha menga­takan, pengenalan JSC secara mendalam ini untuk mendukung aktualisasi dan implementasi kanal aduan, seperti JAKI. Se­hingga manfaatnya makin dira­sakan warga.

Nugraha menjelaskan, aplika­si super apps JAKI merupakan salah satu inovasi untuk mening­katkan pelayanan dan informasi publik yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Saat ini CRM sudah bisa menyampaikan data yang bisa diakses oleh masyarakat,” ujar Yudhistira.

Baca juga : Litbang Kompas: Ganjar Pranowo Jadi Capres Paling Banyak Dipilih Gen Z

Selain itu, dashboard profil warga di kantor-kantor lurah yang sebelumnya konvensional karena menggunakan papan tulis, sekarang diganti dengan dashboard digital. Sehingga Lurah lebih tahu data dan in­formasi secara detail, seperti berapa penduduknya yang da­pat bantuan sosial Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Jakarta Ma­hasiswa Unggul (KJMU) dan seterusnya.

Super App

Kepala Suku Dinas Kominfotik Jakarta Utara, Herlinda Harmaini mengaku, masih banyak aparatur yang belum mengetahui di balik layar pengelolaan data super app JAKI dan CRM.

Baca juga : Biar Tak Jadi Gosip, Buktikan

Herlinda bilang, selama ini pegawai di wilayah hanya bertu­gas sebagai penginput data dan informasi.

“Kami berharap teman-teman di wilayah mengerti soal pengo­lahan data yang dilakukan oleh JSC,” kata Herlinda.

BLUD JSC juga menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi super (super app) JAKI kepada warga. Seperti di Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.