Dark/Light Mode

Dinkes Temukan 8 Kasus Cacar Monyet Di Ibu Kota

Awas Tertular, Hindari Perilaku Seks Berisiko

Kamis, 26 Oktober 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Tiga Langkah Pencegahan

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan sejak ditemukan kasus cacar monyet di Jakarta.

Pihaknya mengajak masyarakat melakukan tiga langkah mencegah wabah cacar monyet. Yakni, deteksi dini, pencegahan dan tindakan.

Baca juga : Siti Nadia Tarmizi: Kami Upayakan Vaksinasi Kelompok Yang Berisiko

Deteksi dini, dilakukan pengo­batan segera apabila ditemukan kasus cacar monyet. Penemuan kasus aktif tidak hanya pada kontak erat kasus tapi juga suspek bergejala yang datang ke fasilitas kesehatan segera diperiksakan Polymerase Chain Reaction (PCR) jika memenuhi kriteria suspek/terduga. Setelah PCR, dilakukan pemeriksaan lanjutan Whole Genome Se­quencing (WGS).

“Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) sekitar satu persen. Dari 100 kasus positif bisa satu meninggal karena infeksi sekunder dan kondisi imunitas ren­dah pada kelompok berisiko seperti hubungan sesama jenis, ibu hamil, ibu menyusui, anak dan lansia,” ujar Ngabila, Senin (23/10/2023).

Selanjutnya, pencegahan. Ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang mulai dilakukan un­tuk 500 orang kelompok berisiko di Jakarta selama seminggu ke depan. Satu orang diberikan dua dosis selang empat minggu.

Baca juga : Kasus Cacar Monyet Naik Di Ibu Kota Jadi 12 Kasus, Warga Diimbau Lebih Waspada

“Saat ini stok vaksin monkey­pox di Indonesia ada 1.000 dosis, untuk 500 orang,” ucap Ngabila.

Upaya pencegahan lainnya dengan sosialisasi dan edukasi masif cegah sakit dengan tiga cara. Yaitu pola hidup bersih dan sehat pakai masker, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Kemudian hindari kontak kulit dan luka. Selain itu, berhubungan seksual yang aman, sehat dan bersih.

Dia menambahkan, setiap kon­tak erat dipantau gejalanya setiap hari oleh puskesmas kecamatan setiap hari. Jika bergejala dilaku­kan pemeriksaan laboratorium.

Baca juga : Waspada, Cacar Monyet Menular Lewat Droplet

Kemudian, tindakan. Yaitu untuk antisipasi masif memutus mata rantai penularan setiap ka­sus positif langsung diisolasi di RS walaupun kasusnya ringan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.