Dark/Light Mode

Presentasi Di Hadapan Para Pemimpin Kota Dunia

Heru Patok 2030 Emisi Di DKI Susut 50 Persen

Rabu, 6 Desember 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di acara Conference of The Parties 28 (COP28) Local Climate Action Summit. (Foto: Berita Jakarta)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di acara Conference of The Parties 28 (COP28) Local Climate Action Summit. (Foto: Berita Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan komitmennya menekan emisi karbon di hadapan para pemimpin kota dunia. Ditegaskannya, pihaknya mematok bisa memangkas emisi gas rumah kaca sebesar 50 persen pada 2030.

Heru mengatakan, pihaknya te­lah melakukan upaya-upaya untuk mencapai Low Carbon Society.

“Jakarta berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen, dan secara ambisius sebesar 50 persen pada 2030. Kami juga menargetkan nol emisi pada 2050,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menjadi pembi­cara di Conference of The Parties 28 (COP28) Local Climate Action Summit, yang diselenggarakan Presidensi COP28 dan Bloomberg Philanthropies pada 1-2 Desem­ber 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Baca juga : Inovasi Di Kawasan Perbatasan, BNPP Dan ANRI Bangun Galeri Arsip Di PLBN Skouw

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pemimpin dunia itu, Heru menjadi pembicara pada Diskusi Panel Subnational Climate Action Leaders’ Ex­change (SCALE) bertema Ad­vancing Ambitious Multi-Level Climate Action.

Dalam lawatan ini, Heru juga menggelar pertemuan bilateral dengan mitra sister city Jakarta, yaitu Gubernur Tokyo, Yuriko Koike. Dan, pertemuan bilateral dengan Wali Kota Melbourne, Sally Capp.

Local Climate Action Summit merupakan pertemuan pertama para pemimpin kota dunia di dalam perhelatan COP28.

Baca juga : Anis Matta: Prabowo Pemimpin Kuat Dan Rendah Hati

Para pemimpin kota dilibat­kan karena peran mereka sangat penting dalam mengurangi emisi, mengatasi risiko iklim dan meningkatkan upaya na­sional untuk bergerak lebih jauh dan lebih cepat dalam kemajuan aksi iklim.

Selama dua hari, ratusan pemimpin kota di dunia berdiskusi membahas peran kota dalam perencanaan iklim, mentransformasi pendanaan iklim, meningkatkan aksi global dan mempercepat transisi energi.

Melalui konferensi ini, kota-kota didunia diharapkan dapat memimpin aksi percepatan iklim melalui sejumlah sektor. Mulai dari investasi pada infrastruktur transportasi publik, transisi menuju energi terbarukan, mem­prioritaskan udara bersih dan menciptakan lapangan kerja dalam ekosistem ekonomi yang ramah lingkungan (green job).

Baca juga : Jokowi: Lahan Di IKN Sudah Bisa Dibeli Lho

Dalam beberapa bulan bela­kangan, kualitas udara Jakarta masuk dalam kategori tidak se­hat. Buruknya kualitas udara Ja­karta disebabkan emisi karbon. Untuk percepatan pengendalian polusi udara, pada Senin (4/9), Heru membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pence­maran Udara (PPU). Pemben­tukan Satgas PPUberdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 593 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.