Dark/Light Mode

Untuk Perluas Pangsa Pasar

UMKM Mesti Jago Jualan Di Medsos Dan E-commerce

Selasa, 9 Januari 2024 07:30 WIB
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wawan Suhawan. (Foto: Ist)
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wawan Suhawan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membekali pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) keterampilan memasarkan produknya di media sosial (medsos) dan E-commerce. Sebab, langkah itu diyakini bisa mengerek penjualan.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wawan Suhawan meminta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) melatih pelaku UMKM yang ter­gabung dalam Jakpreneur agar jago mempromosikan produknya di medsos.

Baca juga : Gara-gara Perang Israel Vs Hamas, Ujaran Kebencian Di AS Dan Eropa Naik Tajam

“Medsos sudah berkembang pesat. Sekarang tinggal bagaima­na keseriusan para pelaku UM­KM-nya,” kata Wawan di Ge­dung DPRD DKI Jakarta.

Selain itu, Wawan meminta, Dinas PPKUKM menggandeng sejumlah e-commerce untuk memperkenalkan wadah untuk berdagang di lapak online ke­pada para pelaku UMKM.

Baca juga : TikTok Masih Gabungin Medsos Dan E-Commerce

“Kerja sama dengan pihak ketiga sangat penting untuk meningkatkan jaringan, meningkatkan pasar dan ilmu,” ungkap Wawan.

Anggota Komisi B lainnya, Suhud Alynudin menutur­kan, scaling up atau peningkatan skala usaha juga tidak kalah penting. Scaling up merupakan strategi atau inisiatif yang ber­tujuan untuk mendorong para pelaku usaha UMKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga : Debat Pertama, Ganjar Tegaskan Jaga Demokrasi Dan Sikat Korupsi

“Saya sudah usulkan di rapat, perlu adanya dash­board UMKM, sehingga kita tahu level kemampuan masing-masing pelaku UMKM, baru belajar atau sudah punya pengalaman,” ujar Suhud.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta memiliki program Jakarta Entrepreneur atau Jak­preneur. Jakpreneur adalah plat­form kreasi, fasilitasi dan kolaborasi pengembangan UMKM melalui ekosistem kewirausa­haan, seperti start-up, institusi pendidikan, maupun institusi pembiayaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.