Dark/Light Mode

Untuk Perluas Pangsa Pasar

UMKM Mesti Jago Jualan Di Medsos Dan E-commerce

Selasa, 9 Januari 2024 07:30 WIB
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wawan Suhawan. (Foto: Ist)
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wawan Suhawan. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, program Jak­preneur tidak hanya memfasili­tasi warga Jakarta yang ingin memulai usaha, tetapi sedang mengembangkan usahanya agar lebih baik dan dapat naik kelas.

Ratu bilang, Pemprov DKI gencar melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM. Pada 2023, tercatat sebanyak 371.120 pelaku UMKM yang tergabung dalam Jakpreneur.

Baca juga : Gara-gara Perang Israel Vs Hamas, Ujaran Kebencian Di AS Dan Eropa Naik Tajam

“Jakpreneur memfasilitasi dan membuka banyak akses untuk para pelaku usaha. Serta meli­batkan pihak luar atau stake­holders lain untuk membantu mengembangkan usaha mereka dengan lebih mudah,” kata Ratu.

Jakpreneur telah bekerja sama dengan sejumlah kolabolator untuk mendukung UMKM DKI Jakarta yang ingin mengem­bangkan usahanya. Para ang­gota Jakpreneur dibina oleh 6 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi pelayanan yang diberikan.

Baca juga : TikTok Masih Gabungin Medsos Dan E-Commerce

Yakni, Dinas Perindustri­an, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM); Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perta­nian (KPKP), Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi), Dinas Pem­berdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta ( PPAPP), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) dan Dinas Sosial (Dinsos).

Selain pendampingan, Jakpre­neur juga menyediakan berbagai fasilitas dan kerjasama. Seperti dengan Bank DKI, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Shopee, Gojek, Tokopedia, Grab, LLDIKTI dan Bukalapak.

Baca juga : Debat Pertama, Ganjar Tegaskan Jaga Demokrasi Dan Sikat Korupsi

Pada 2023, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Dinas PPKUKM DKI Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Pemasaran Produk Berbasis Digital bagi UMKM. Kegiatan pelatihan ini bertu­juan untuk mendorong digital­isasi dan memperluas pasar bagi pelaku UMKM di Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.