Dark/Light Mode

APBD DKI Jakarta Mampu Kok

Program Sekolah Gratis Segera Dijalankan Dong

Minggu, 30 Juni 2024 06:50 WIB
Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjun­tak. (Foto: DPRD DKI Jakarta)
Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjun­tak. (Foto: DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Berbeda dengan sekolah swas­ta yang biaya operasionalnya dari iuran siswa. Biasanya, besaran iuran berpengaruh pada kualitas pendidikan. Semakin mahal tentu kualitasnya bagus, begitu juga sebaliknya.

“Kalau seluruh sekolah di Jakarta dibiayai APBD, maka kualitas pendidikan bisa distandarisasi. Sehingga, tidak ada lagi keinginan memilih sekolah favorit,” tandas dia.

Hariadi mengatakan, layanan pendidikan yang baik adalah bagian upaya untuk memajukan masyarakat. Ia mendorong wa­cana penerapan sekolah swasta gratis di Jakarta secepatnya dilaksanakan.

Baca juga : Jokowi Minta Sistem Data Nasional Diaudit

Apalagi, sambung Hariadi, penyediaan layanan pendidikan kepada masyarakat merupakan kewajiban Pemerintah. Kebutuhan pendidikan yang memadai mampu mewujudkan kemajuan masyarakat.

Meskipun, tambah Hariadi, nantinya tidak semua sekolah swasta di Jakarta akan gratis. Sebab, terdapat sekolah-sekolah yang sudah memiliki grade (tingkatan) tertentu.

Namun, sudah menjadi ke­wajiban Pemerintah memajukan kesejahteraan umum terma­suk pendidikan masyarakatnya adalah memberikan fasilitas pendidikan kepada warganya.

Baca juga : Wacana Amandemen UUD 45 Nggak Laku, Akhirnya Tutup Buku

Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah mengkaji supaya seluruh sekolah swasta bisa digratiskan. Kajian ini dilakukan untuk pemerataan infrastruktur hingga menambah daya tampung seko­lah di Jakarta.

“SD swasta, SMP swasta, SMA/SMK swasta sedang kita kaji untuk kita gratiskan semua,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin di Podcast Seputar PPDB Provinsi DKI Jakarta yang ditayangkan di YouTube JakDisdikTV, Selasa (4/6/2024).

Budi belum memerinci lebih lanjut mengenai rencana terse­but. Namun, perlu diketahui, saat ini terdapat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bersama.

Baca juga : Biden Dan Trump Saling Serang

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 30 Juni 2024 dengan judul APBD DKI Jakarta Mampu Kok, Program Sekolah Gratis Segera Dijalankan Dong

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.