Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terjaring Di Check Point, Mencoba Jalur Tikus

Pemudik Nggak Kapok Karena Belum Ada Sanksi

Sabtu, 2 Mei 2020 05:02 WIB
Inilah salah satu cara warga mengelabui petugas di check point larangan mudik. Foto: Twitter @irfan_nuruddin
Inilah salah satu cara warga mengelabui petugas di check point larangan mudik. Foto: Twitter @irfan_nuruddin

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak larangan mudik berlaku 24 April, tiap hari banyak kendaraan disuruh balik ke Jakarta. Tapi anehnya, tetap saja ada pemudik berupaya pulang ke kampungnya.

Padahal, di tempat tujuannya pun mereka terpaksa diisolasi selama 14 hari. Ada pula yang diasingkan ke hutan dan ladang. Ini dilakukan untuk memutus penyebaran virus corona alias Covid-19.  

Ribuan warga Jabodetabek tergolong nekat mudik dengan berbagai moda transportasi. Sebab, banyak juga yang lolos sampai ke kampung melalui jalan tikus. Mereka menghindari petugas gabungan yang melakukan pengecekan di sejumlah check point keluar Jabodetabek.

Baca juga : Terkait Larangan Mudik, Polda Metro Sekat Jalur Keluar Masuk Jakarta

Misalnya di check point Tol Jakarta - Cikampek kilometer 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sudah hampir sepekan ini, petugas gabungan kepolisian dan Dishub mengecek kendaraan yang melaju dari arah Jakarta. Mereka berjaga di tengah membelah ruas tol dengan pengaman pembatas cone oranye. 

Polisi berompi hijau menyala memakai masker memilih kendaraan yang melintas. Kendaraan pribadi dan bus, melintas di sebelah kanan dan truk besar melintas di sebelah kiri. Polisi juga memegang semacam papan bertuliskan 'kaca mobil harap dibuka'. 

Dibanding awal larangan mudik, kini mobil pribadi, travel berisi penumpang dan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah berkurang. Hanya ada satu dua mobil plat hitam bernopol Jakarta yang diarahkan keluar.  Bagi yang ketahuan akan mudik, bakal diarahkan kembali lewat perbatasan timur Bekasi dan Karawang. Jalan tol mayoritas antrean truk barang bahan makanan pokok dan kendaraan berat untuk kontruksi.

Baca juga : Metland Salurkan Ribuan Paket Sembako Kepada Warga Bekasi

Kondisi serupa juga terjadi di check point Tol Tangerang - Merak. Petugas menghalau kendaraan yang masuk dari Merak atau mengarah ke Banten lewat ruas tol ini. Lokasi penyekatan berada di dua jalur pintu tol Bitung.Tak hanya di jalan tol, jalan alternatif dan  jalan umum juga dijaga. Seperti   check point Kabupaten Bogor-Cianjur di Puncak Pas dan perbatasan Kabupaten Bogor dan Sukabumi, wilayah Cigombong. 

Di jalur Pantura, check point di Bekasi ada tiga titik lokasi. Yakni Sumber Artha Kalimalang, Bantargebang, dan Harapan Indah. Kemudian berlanjut   di perbatasan Bekasi - Karawang. Kebanyakan yang berputar arah kembali ke Jabodetabek di check point ini adalah kendaraan roda dua.

"Dengar ada teman berhasil lolos mudik ke Brebes. Pakai motor lewat jalur Pantura. Kalau nggak hari pertama atau kedua (larangan mudik). Saya nggak tahu jalur tikusnya jadi kena pemeriksaan di Kalimalang," cerita Pendi, pemotor yang balik lagi ke Jakarta.

Baca juga : Tangkal Covid-19, Stafsus Menpora Ajak Pemuda Hindari Berita Hoaks

Warga kelahiran Jawa Tengah ini memaksa untuk mudik karena sudah tak ada penghasilan di Jakarta. Dia   mengaku akan mencoba kembali pulang lewat jalur tikus. Apalagi belum ada sanksinya. "Kerjaan sudah susah. Persediaan menipis. Ini juga sekalian pulang kampung, nggak balik lagi ke Jakarta," akunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.