Dark/Light Mode

Hari Pertama Penilangan Sistem Ganjil Genap

Ratusan Pengemudi Melanggar Karena Takut Terpapar Corona

Selasa, 11 Agustus 2020 06:33 WIB
Petugas polisi menghentikan seorang pengemudi yang melanggar sistem ganjil genap di Jalan Sudirman. (Foto : Rakyat Merdeka/Dwi Pambudo)
Petugas polisi menghentikan seorang pengemudi yang melanggar sistem ganjil genap di Jalan Sudirman. (Foto : Rakyat Merdeka/Dwi Pambudo)

 Sebelumnya 
Awasi Ketat

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, pengendalian aktivitas saat adaptasi kebiasaan baru menjadi krusial selama penerapan ganjil genap yang mulai berlaku.

Baca juga : Pedagang Pasar Kalideres Tolak Dipindah ke Parkiran

Menurut Djoko, penyelenggaraan transportasi harus meminimalisasi risiko penularan dan penyebaran Covid-19. Sebab, pada masa adaptasi kebiasaan baru, aktivitas perekonomian dan lalu lintas pergerakan orang semakin meningkat dibanding pada masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) penuh.

Program ganjil genap, lanjut Djoko, semestinya ditopang dengan memperbanyak penyediaan fasilitas transportasi umum yang sehat, yang mendekati kawasan perumahan dan pemu- kiman. Plus jaringan sepeda yang aman, nyaman dan selamat. Pengaturan shifting kerja harus berjalan dengan disiplin.

Baca juga : Angkutan Umum Kian Bejubel, Virus Corona Makin Merajalela

“Diperlukan kebijakan komprehensif antar instansi untuk mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas dan transportasi umum di Jakarta,” harapnya.

Transportasi massal, kata Djoko, tidak boleh menjadi sarana penularan dan penyebaran Covid-19. Saat kasus melonjak di angkutan umum, tiadakan lagi aturan ganjil genap. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.