Dark/Light Mode

Puncak Wabah Corona Diperkirakan Awal Oktober

DKI Jangan Terlalu Lama Mikir Tarik Rem Darurat

Rabu, 19 Agustus 2020 07:34 WIB
Polisi memeriksa pengendara saat penerapan PSBB di Perbatasan Jakarta-Bekasi, Rabu (15/4). (Foto : Putu Wahyu/Rakyat Merdeka)
Polisi memeriksa pengendara saat penerapan PSBB di Perbatasan Jakarta-Bekasi, Rabu (15/4). (Foto : Putu Wahyu/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani menilai, Pemprov DKI Jakarta tak harus menerapkan PSBB awal yang diperketat atau bahkan lockdown.

“Memang dilema. Perlu kebijakan lebih ketat lagi. Tapi terapkan saja kebijakan ketat di tempat atau daerah yang penyebarannya tinggi. Yang zona merah. Kalau tempat, seperti di pasar dan kan- tor. Pengawasannya dimaksimalkan,” ujar Zita kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Paksa Perusahaan Terapkan Kembali Kerja Dari Rumah

Dikatakannya, Pemprov DKI Jakarta agak berat menerapkan kebijakan PSBB awal karena tak ada lagi anggaran untuk itu. Menurut dia, APBD DKI Jakarta saja sudah separuh lebih habis untuk penanganan corona. Selain itu, ekonomi warga Jakarta lagi sangat terpuruk.

Jika PSBB yang ketat diterapkan, warga akan semakin kelimpungan. Solusinya, tambah Zita, adalah dengan meningkatkan kesadaran bersama untuk disiplin patuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga : Terapkan Lagi WFH Sampai Akhir Tahun

Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Seketat apapun peraturannya, tidak akan berhasil jika kesadaran masyarakat lemah. “Bangkitkan kesadaran warga, orang terdekat kita banyak yang kena loh. Ayo saling menjaga. Jangan mengandalkan Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah saja,” tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.