Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tanah Abang Diserbu 100 Ribu Orang

Anies Keringetan

Senin, 3 Mei 2021 07:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Muhammad Fadil Imran meninjau Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Mereka memastikan prokes Covid-19 dilaksanakan dengan ketat. (Foto: Antara)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Muhammad Fadil Imran meninjau Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5). Mereka memastikan prokes Covid-19 dilaksanakan dengan ketat. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Jakarta di akhir pekan ini, makin menggila. Kemarin saja, warga yang bejubel datang ke Tanah Abang untuk belanja baju Lebaran, mencapai 100 ribu orang. Gubernur DKI, Anies Baswedan sampai harus mengecek langsung lonjakan pembeli di Tanah Abang. Berada di lautan manusia, Anies sampai keringatan.

Lonjakan warga yang datang dari berbagai penjuru ke Tanah Abang sudah terjadi sejak Sabtu (01/5) lalu. Di dalam maupun di luar Pasar Tanah Abang, kondisinya sama saja. Warga bejubel di sekitar lapak-lapak pedagang. Mereka seolah mengabaikan virus Corona yang masih merajalela.

Kemarin, kondisinya tak jauh berbeda. Bahkan warga yang datang jumlahnya lebih banyak lagi. Dari pagi sampai siang, pembeli yang kebanyakan emak-emak terus berdatangan. Desak-desakan pun tak terhindarkan. Pemandangan seperti ini merata terlihat di Blok A, Blok B, dan Blok F. Tak hanya di dalam gedung, lapak-lapak pedagang di luar gedung juga ramai didatangi pembeli.

Baca juga : Banjir Dan Longsor Di NTT Disebabkan Aktivitas Perusakan Lingkungan

Sekitar pukul 13.00 WIB, Anies datang ke lokasi. Dia datang bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Ketiganya langsung masuk ke Blok Adan menyapa pengunjung. Anies sesekali meminta pengunjung mengenakan masker dengan baik. Sebab beberapa pengunjung mengenakan masker di bawah dagu.

Saat Anies datang, situasi sudah sedikit lebih tertib, tak sebrutal pada pagi hari maupun Sabtu lalu. Soalnya petugas dari TNI/Polri serta Satpol PP berjaga-jaga di tiap pintu masuk. Pengunjung yang asal-asalan pakai masker, langsung ditegur. Petugas juga membatasi jumlah pengunjung di dalam gedung.

Mereka juga tak bosan mengingatkan kepada pengunjung agar tetap memakai masker dan menjaga jarak. “Kalau sudah selesai belanja silakan kembali ke rumah,” kata petugas, melalui pengeras suara. Petugas juga mengingatkan potensi bahaya penyebaran Covid-19. “Jangan seperti di India,” teriak petugas.

Baca juga : 170 Negara Alami Kontraksi Terburuk Dalam 150 Tahun Terakhir, Indonesia Masih Mendingan

Acara sidak sesekali terhenti, karena ada saja pengunjung yang menyapa Anies lalu minta untuk selfie bareng. “Pak Anies foto bareng dulu, Pak,” pinta ibu-ibu. Tak hanya satu, emak-emak lain berlarian ingin ikutan. Anies dengan sabar melayani permintaan itu.

Setelah berkeliling pasar, Anies lalu geser ke stasiun KRL Tanah Abang. Cuaca yang panas ditambahnya bejubelnya warga, bikin Anies kegerahan. Bajunya sampai lecek, basah oleh keringet.

Acara sidak diakhiri dengan menggelar rapat di lantai 12, Pasar Tanah Abang. Setelah melihat kondisi di lapangan, Anies akhirnya mengeluarkan sejumlah aturan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Baca juga : Manut Aturan Pusat, Gibran Larang ASN Solo Mudik Lebaran

Kepada wartawan, Anies mengatakan, pembeli mulai menyerbu pasar sejak Sabtu lalu. Saat itu, pengunjung pasar mencapai 87 ribu orang lebih. Padahal biasanya pembeli yang datang rata-rata 35 ribu orang. Ia menduga, pengunjung akan terus membludak mengingat Lebaran makin dekat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.