Dark/Light Mode

Untuk Pencegahan, Kudu Siapkan Apar

Sudah Tua, Banyak Pasar Di DKI Rentan Kebakaran

Sabtu, 8 Mei 2021 06:25 WIB
Pedagang meninjau sisa kebakaran Pasar Inpres Pasar Minggu di Jakarta Timur, Selasa (13/4/21). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Pedagang meninjau sisa kebakaran Pasar Inpres Pasar Minggu di Jakarta Timur, Selasa (13/4/21). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan pasar tradisional milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya, rawan terjadi kebakaran. Sebab, usia bangunan sudah tua sehingga tidak sesuai lagi dengan standar keamanaan modern.

Sebagai bentuk antisipasi, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyarankan manajemen pasar menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) di setiap kios.

Baca juga : Gibran Pastikan Harga Kebutuhan Pangan Di Surakarta Stabil

“APAR itu juga harus di cek secara berkala. Karena, sesuai ketentuan biasanya perlu isi ulang setahun sekali,” ungkap Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan di Jakarta, Kamis (6/5).

Tak cuma mendorong penyediaan APAR, Dinas Gulkarmat dan Perumda Pasar Jaya akan mengintensifkan pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran secara berkala. Tujuannya, untuk meningkatkan kesiagaan terhadap bahaya kebakaran di pasar. Menurut Satriadi, pengelola pasar harus memahami upaya proteksi atau langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Baca juga : Polri Siapkan 333 Titik Penyekatan Di Operasi Ketupat 2021

“Pelatihan termasuk pengetahuan soal kelistrikan, proteksi dini, dan lainnya. Hal ini sangat penting diketahui sebagai bentuk pencegahan. Saya harap semua bisa menyimak dan konsen dengan materi yang disampaikan dalam pelatihan yang akan dilaksanakan secara virtual,” pintanya.

Satriadi menuturkan, tak hanya pengelola, pelatihan dapat diberikan kepada pedagang. Supaya semua stakeholder di pasar mengetahui proteksi dini jika terjadi kebakaran.

Baca juga : Satgas Sesalkan Kerumunan di Pasar Tanah Abang

Selain pelatihan, ditekankan Satriadi, koordinasi antara kepala pasar dengan jajaran Dinas Gulkarmat, baik di tingkat suku dinas hingga pos pemadam terdekat, perlu ditingkatkan.

Direktur Teknik Perumda Pasar Jaya, Aristianto menilai, pelatihan dari Gulkarmat sangat penting mengingat beberapa waktu lalu terjadi kebakaran di dua pasar dalam waktu berdekatan. Pengelola pasar harus tahu antisipasi dan penanganan dini kebakaran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.