Dark/Light Mode

Anies Siapkan 28 Rusun Buat Tempat Isolasi

Waspada, Tsunami Corona Bakal Menggoyang Jakarta

Jumat, 2 Juli 2021 06:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji (kedua kiri) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadli Imran (kiri) meninjau pelaksanaaan program vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak di SMA Negeri 20 Jakarta Pusat, Kamis (1/7/2021). (Foto: FB @AniesBaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji (kedua kiri) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadli Imran (kiri) meninjau pelaksanaaan program vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak di SMA Negeri 20 Jakarta Pusat, Kamis (1/7/2021). (Foto: FB @AniesBaswedan)

 Sebelumnya 
“Semua kami siapkan. Tapi pemanfaatannya step by step. Karena kami pastikan dulu, satu tempat terpakai secara optimal, baru pakai lokasi lainnya agar manajemennya lebih mudah,” ujarnya.

Seperti diketahui, untuk mencegah terjadinya tsunami Corona, Pemerintah Pusat akan memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, mulai besok. Isinya, antara lain membatasi lebih ketat kegiatan masyarakat.

Siapkan Asrama Haji

Baca juga : Warga Takut Tertular Pedagang Ogah Rugi

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur tengah menyiapkan tempat isolasi mandiri di Rusun Pulogebang dan Pinus Elok Penggilingan. Dua rusun ini rencananya akan digunakan sebagai tempat perawatan dan isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala berat.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jakarta Timur, Kusmanto menerangkan, pada dua rusun tersebut masih ada 520 unit kosong. Unit ini dapat digunakan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

“Masih banyak kamar kosong di dua rusun itu untuk dijadikan tempat isolasi mandiri,” kata Kusmanto di Jakarta Timur.

Baca juga : RS Penuh, PUPR Siapkan Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi Mandiri

Dia memastikan, Pemkot Jakarta Timur gencar menyiapkan tempat isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 menyusul melonjaknya kasus aktif Corona.

Teranyar, lanjut dia, pihaknya baru saja menetapkan gedung Asrama Haji Pondok Gede dan Pusdiklat Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Pe­nyelamatan (Gulkarmat) DKI sebagai tempat isolasi mandiri. Namun, tempat itu belum digunakan. Menurutnya, Rusun Albo juga masuk dalam usulan menjadi tempat isolasi mandiri. Hanya saja, rusun itu masih dalam tahap renovasi. Selain itu, masih banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai tim medis, alur pasien, kebutuhan logistik, hingga petugas yang berjaga.

Untuk pasien Corona yang ingin isoman di tempat yang disiapkan Pemprov DKI harus memenuhi persyaratan. Yakni, melampirkan hasil positif tes Covid-19, berusia 18 sampai 59 tahun, bergejala ringan sekali atau tidak ada gejala. Dan, tidak memiliki komorbid.

Baca juga : Corona... Mayday... Mayday...

Pendaftaran bisa dilakukan secara online setelah mendapatkan persetujuan dari suku dinas wilayah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.