Dark/Light Mode

Penumpang Angkutan Umum Protes

STRP Ribet, Please Cukup Sertifikat Vaksin Covid Aja

Rabu, 4 Agustus 2021 06:20 WIB
Suasana aktivitas penumpang Commuter Line hari pertama perpanjangan PPKM Level 4  di stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (3/8/2021). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Suasana aktivitas penumpang Commuter Line hari pertama perpanjangan PPKM Level 4 di stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (3/8/2021). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

 Sebelumnya 
“Sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan Nomor 282 tahun 2021. Untuk menggunakan layanan, pekerja sektor esensial dan kritikal wajib menggunakan STRP dan Kartu tanda Pegawai bagi Pegawai Kementrian/Lembaga/Daerah,” jawabnya.

Seperti diketahui, Pemerintah memberlakukan PPKM Darurat sejak 3 Juli-20 Juli lalu di wilayah Jawa-Bali sebagai upaya menekan penyebaran kasus Covid-19. Seiring berjalannya waktu, Pemerintah memberlakukan PPKM Level 4 pada 21-25 Juli, dan 25 Juli-2 Agustus. Dan, akhirnya memutuskan untuk memperpanjangnya kembali hingga 9 Agustus mendatang.

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menegaskan, dokumen perjalanan seperti STRP maupun surat keterangan lainnya masih menjadi syarat naik KRL bagi pekerja di sektor esensial dan kritikal. “Ketentuan dokumen perjalanan seperti STRP maupun surat keterangan lainnya masih berlaku,” kata Anne dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Mulai 29 Juli, Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Bawa Kartu Vaksin Covid-19

Dalam aturan PPKM Level 4, pengguna KRL wajib memiliki dokumen perjalanan seperti STRP atau surat keterangan dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat atau Surat tugas dari pimpinan perusahaan maupun instansi pemerintahan tempatnya bekerja. Untuk pengguna dengan kebutuhan mendesak seperti keperluan medis atau pengobatan, persalinan, duka cita, vaksinasi, juga wajib menunjukkan dokumen atau surat keterangan yang sesuai.

Genjot Vaksinasi

Sejak pekan lalu, PT Kereta Api Indonesia Commuter melaksanakan berbagai upaya mendukung program percepatan vaksinasi nasional. Tercatat sudah lebih dari 3.000 orang yang mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan di lima stasiun yakni Stasiun Duri, Angke, Jakarta Kota, Rangkasbitung, dan Cikarang.

Baca juga : Driver Ojol: Seharusnya Cukup Sertifikat Vaksin

KAI Commuter terus membuka kerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi di stasiun. Untuk jadwal hari ini Rabu (3/8), vaksinasi tersedia di Stasiun Cikarang (melayani dosis pertama), Stasiun Duri (melayani dosis pertama maupun kedua), dan Stasiun Angke (melayani dosis pertama maupun kedua). Bagi para pengguna KRL dapat mendaftarkan diri melalui situs web KAI Commuter di vaksinasi.krl.co.id.

Pihaknya pun mengajak para pengguna KRL untuk mengikuti program vaksinasi di stasiun ini agar dapat lebih terlindungi dan terjaga kesehatannya dalam menggunakan transportasi publik, khususnya KRL.

Ubah Jadwal Operasional

Baca juga : Lavrov Lobi Retno Beli Vaksin Covid-19 Rusia

PT MRT Jakarta memberlakukan jam operasional baru dan headway antar-rangkaian kereta sejak perpanjangan PPKM Level 4. Kebijakan itu diambil lantaran jumlah penumpang berkurang drastis selama masa PPKM Darurat dan PPKM Level 4 di Jakarta.

“Penyesuaian kembali dilakukan karena dinilai cukup efektif dalam membatasi mobilitas masyarakat, khususnya untuk pengguna MRT Jakarta,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo dalam keterangan tertulis, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.