Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pasien Di Wisma Atlet Di Bawah 20%, Keterisian RS Rujukan 43%, ICU 63%, Kasus Baru & Angka Kematian Turun

Corona Jakarta Turun Level

Senin, 9 Agustus 2021 07:50 WIB
Ilustrasi virus Corona. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi virus Corona. (Foto: Pixabay)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 berakhir hari ini. Tak tahu, apakah kebijakan ini akan dilanjut atau tidak. Namun, angka-angka Corona, khususnya di Jakarta, levelnya sudah turun. Kasus aktif harian turun. Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet dan rumah sakit rujukan lainnya, juga mulai kosong. Pasien di ruang ICU juga terus berkurang.

Hari ini, PPKM Level 4 di Jawa dan Bali yang sudah berjalan sejak 3 Juli lalu, akan berakhir. Belum ada keputusan resmi dari pemerintah, apakah PPKM Level 4 ini akan berakhir atau diperpanjang lagi. Yang pasti, Presiden Jokowi akan kembali mengumumkan soal nasib PPKM Level 4 ini, nanti malam.

Baca juga : Innalillahi, Iran Catat 43 Kasus Kematian Baru Akibat Virus Corona Per Hari Ini

Yang pasti juga, meskipun perlahan-lahan, PPKM Level 4 ini mulai ampuh menekan laju penyebaran Corona di beberapa wilayah di Jawa dan Bali. Tren kasus Corona dan positivity rate terus mengalami penurunan. Secara nasional, kasus harian kini sudah berada di angka 20-30 ribuan kasus per hari. Turun jauh dibanding pada bulan Juli yang sempat menembus di atas 50 ribu kasus per hari.

Merujuk data yang disampaikan Kementerian Kesehatan, kemarin, angka kasus harian bertambah 26.415. Data yang melegakan terlihat di angka pasien sembuh. Tercatat, ada penambahan kasus sembuh sebesar 48.508. Angka tersebut naik dibandingkan sehari sebelumnya yang bertambah sebanyak 39.716 pasien. Namun, angka kematian di hari kemarin masih cukup tinggi, sebanyak 1.498 orang.

Baca juga : Nggak Kuat Beli Beras, Warga Ngarep BST Cair

Tren penurunan kasus Corona paling terlihat ada di Jakarta. Dari 9 ribuan per hari pada bulan lalu, kini berhasil ditekan di angka seribuan. Data kemarin, kasus aktif bertambah 1.649, turun dari hari sebelumnya yang bertambah 2.008. Angka kasus sembuh di Ibu Kota juga terus meningkat.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengapresiasi pengendalian kasus di Ibu Kota. Dia berharap, capaian positif ini, bisa membuat Jakarta tidak lagi masuk level 4.

Baca juga : Bima Arya: DNA Kota Bogor Hargai Kebersamaan

Menurutnya, sudah pantas PPKM di Jakarta turun dari level 4 ke 3. Apalagi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mengeluarkan aturan wajib vaksin bagi masyarakat yang ingin mengunjungi mal. Kalau PPKM Level 4 masih dilanjutkan, dia bilang, akan ada banyak karyawan yang di-PHK atau gulung tikar.

“Saat ini, daya tahan pengusaha sudah di ujung tanduk,” kata Sarman, saat dikontak, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.