Dark/Light Mode

Hujan Lebat Disertai Petir Bakal Guyur Jakarta

Warga Ibu Kota Waspada Kena Banjir Dan Longsor

Kamis, 16 September 2021 06:55 WIB
Ilustrasi banjir Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi banjir Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Ibu Kota kudu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan longsor hingga 20 September 2021. Sebab, cuaca ekstrem diramal terjadi di DKI Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menetapkan DKI Jakarta sebagai salah satu wilayah dengan status level siaga banjir. BMKG memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Baca juga : Dari Peringkat 12, Jakarta Nyodok Ke 4 Besar

“Terdapat potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, angin kencang sampai 20 September 2021 di 27 provinsi, salah satunya di DKI Jakarta,” tulis akun instagram resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov)DKI Jakarta @dkijakarta, kemarin.

Dengan adanya peringatan cuaca buruk tersebut, Pemprov DKI meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Warga juga bisa memantau kondisi genangan banjir di sekitar wilayah tempat tinggal lewat aplikasi Jakarta Kini.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Gaspol Layanan BBM Dan LPG

“Bagi kamu yang menemukan genangan atau banjir bisa segera lapor melalui fitur JakLapor,” ajak akun @dkijakarta.

Menurut Pemprov DKI, laporan warga terkait titik banjir bisa memberikan informasi awal petugas untuk melakukan tindak lanjut mitigasi bencana.

Baca juga : Tegas, Duterte Bakal Penjarakan Warga Filipina Yang Ogah Divaksin

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menerangkan, level siaga ditetapkan berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF-impact based forecast) oleh BMKG. Ada empat provinsi berstatus siaga bencana. Selain Jakarta, BMKG menyebutkan Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

“Potensi dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang dan atau tanah longsor dari cuaca ekstrem, terjadi hingga tiga hari ke depan,” kata Guswanto, Selasa (14/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.