Dark/Light Mode

Hujan Lebat Disertai Petir Bakal Guyur Jakarta

Warga Ibu Kota Waspada Kena Banjir Dan Longsor

Kamis, 16 September 2021 06:55 WIB
Ilustrasi banjir Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi banjir Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Selain itu, papar Guswanto, terdapat potensi fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin. Fenomena itu terpantau aktif di wilayah Indonesia hingga seminggu ke depan.

Untuk diketahui, MJO, gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah aktif yang dilewatinya.

Baca juga : Dari Peringkat 12, Jakarta Nyodok Ke 4 Besar

Fenomena MJO dan gelombang Kelvin bergerak dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari pada MJO, sedangkan pada Kelvin skala harian.

Sebaliknya, fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudera Pasifik ke arah Samudera Hindia dengan melewati wilayah Indonesia. Sama halnya seperti MJO maupun Kelvin, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia, maka dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Gaspol Layanan BBM Dan LPG

Selain itu, terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

“Suhu muka laut dan anomali suhu muka laut terpantau masih hangat di sebagian besar perairan di Indonesia. Kondisi ini mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan. Kondisi tersebut juga didukung oleh masih tingginya kelembaban udara di sebagian besar wilayah di Indonesia hingga seminggu ke depan,” ungkap Guswanto.

Baca juga : Tegas, Duterte Bakal Penjarakan Warga Filipina Yang Ogah Divaksin

Berdasarkan kondisi tersebut, paparnya, BMKG memprakirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, angin kencang dalam periode 13-20 September 2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.