Dark/Light Mode

Hujan Lebat Disertai Petir Bakal Guyur Jakarta

Warga Ibu Kota Waspada Kena Banjir Dan Longsor

Kamis, 16 September 2021 06:55 WIB
Ilustrasi banjir Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi banjir Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Nggak Ada Anggaran

Ketua Komisi DDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan, Ida Mahmudah meminta Pemprov melakukan upaya pencegahan banjir.

Baca juga : Dari Peringkat 12, Jakarta Nyodok Ke 4 Besar

“Saya beberapa hari lalu bicara dengan Pak Sekda agar mengintruksikan ke Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk melakukan antisipasi. Salah satunya menguras atau melakukan perbaikan got-got padat penduduk,” ujar Ida di Jakarta, kemarin.

Menurut Ida, banjir di pemukiman padat, lama surutnya sehingga saluran air di wilayah itu perlu mendapatkan perhatian.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Gaspol Layanan BBM Dan LPG

Ida mengakui, perbaikan got membutuhkan biaya. Sementara, anggaran sudah terkuras untuk berbagai kegiatan. Solusinya, Pemprov DKI perlu mencari anggaran lain yang tidak mendesak dialihkan untuk kebutuhan tersebut.

Anggota Komisi DPRD DKI Jakarta Fraksi Golkar, Judistira Hermawan menilai, peringatan BMKG perlu menjadi perhatian serius. Apalagi, saat ini sudah masuk musim hujan.

Baca juga : Tegas, Duterte Bakal Penjarakan Warga Filipina Yang Ogah Divaksin

“Kita semua harus harus siaga,” kata Judistira.

Dia meminta, Dinas SDA harus memastikan kesiapan rumah pompa dan pompa portable berfungsi dengan baik. Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta juga harus siaga sejak dini sehingga jika terjadi bencana cepat melakukan evakuasi. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.