Dark/Light Mode

Antisipasi Aksi Demo 22 Mei

Hari Ini, Kereta dari Gambir Bakal Berhenti di Jatinegara

Rabu, 22 Mei 2019 05:34 WIB
Situasi Stasiun Gambir. (Foto: Istimewa).
Situasi Stasiun Gambir. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Massa aksi 22 Mei 2019 diperkirakan bakal menyumbat arus calon penumpang kereta api yang hendak berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Agar calon penumpang tak perlu menuju ke Gambir, kereta api dari Gambir bakal menjemput penumpang di Stasiun Jatinegara.

Baca juga : Hari ini, Jokowi Resmikan Bendungan Gondang Di Jateng

Sebagaimana keterangan pers PT KAI, Selasa (21/5), itu adalah rekayasa pola operasi pemberangkatan kereta api yang diterapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta untuk mengantisipasi kondisi lalu lintas pada 21 hingga 22 Mei .

Rekayasa ini bernama 'Berhenti Luar Biasa'. "Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Namun khusus hari ini, KA yang berangkat dari Stasiun Gambir akan berhenti juga di Stasiun Jatinegara untuk proses naik-turun penumpang," kata Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Baca juga : Kondisi Ustad Arifin Ilham Dikabarkan Kritis

"Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir karena terkena imbas kemacetan. Sebagai alternatif, mereka bisa berangkat dari Stasiun Jatinegara dengan rekayasa pola operasi pemberangkatan ini," kata Eva.

Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan dilakukan pada Rabu (22/5) mulai pukul 05.25 WIB sampai pukul 23.00 WIB, berlaku mulai keberangkatan KA 20A (Argo Parahyangan) tujuan Bandung sampai dengan 7098 (Argo Parahyangan Tambahan) tujuan Bandung.

Kereta api yang nantinya terhenti sejenak di Stasiun Jatinegara, Rabu 22 Mei 2019. (Foto: Dok KAI)

Baca juga : Ini Kemudahan yang Ditawarkan Astra Infra bagi Pemudik di Jalan Tol Trans Jawa

Keseluruhan, ada 33 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang akan direkayasa pola operasi pemberangkatannya. Kawasan menuju Stasiun Gambir menjadi salah satu jalan pengalihan lalu lintas untuk mengantisipasi aksi 22 Mei.

Dengan padatnya kendaraan di arena Stasiun Gambir, mengakibatkan calon penumpang KA terjebak macet dan kesulitan menuju Stasiun Gambir. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.