Dark/Light Mode

MUI Sabet Lagi Sertifikat ISO 9001:2015 Dari Badan Sertifikasi Dunia

Selasa, 7 Desember 2021 20:15 WIB
MUI menerima sertifikat ISO 9001:2015 dari badan sertifikasi dunia Wordwide Quality Assurance (WQA) UK Limited. (Foto: ist)
MUI menerima sertifikat ISO 9001:2015 dari badan sertifikasi dunia Wordwide Quality Assurance (WQA) UK Limited. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali meraih sertifikat ISO 9001:2015 dari badan sertifikasi dunia Wordwide Quality Assurance (WQA) UK Limited yang bermarkas di Inggris.

Sertifikasi manajemen mutu berstandar internasional ini menunjukkan MUI sebagai organisasi modern, profesional, akuntabel, dan transparan, yang memberikan pelayanan terbaik kepada umat, masyarakat, dan pemangku kepentingan.

Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan bentuk pengakuan dunia kepada MUI yang telah menerapkan manajemen mutu sesuai standar ISO (The International Organization for Standarization). MUI memperoleh sertifikat ISO 9001:2015 sejak 2018 dan setiap tahun diaudit oleh lembaga WQA dan pada 2021 berhasil mempertahankan prediket ISO tersebut untuk tiga tahun ke depan. 

Baca juga : Top, WIKA Kantongi Sertifikat ISO Kitemark

Dewan Pimpinan MUI berkomitmen untuk terus menerapkan dan meningkatkan manajemen mutu dan memberikan jaminan mutu pelayanan berstandar internasional yang lebih baik dan lebih modern pada masa mendatang. MUI merupakan organisasi kemasyarakatan Islam pertama yang memperoleh standar ISO 9001:2015 pada 2018 lalu.

WQA melakukan audit dan review standar ISO di lingkungan MUI dan penerapannya pada seluruh Komisi, Badan, dan Lembaga di lingkungan Dewan Pimpinan MUI. Hasil audit eksternal tersebut menyatakan MUI memenuhi syarat memperoleh sertifikat ISO 9001:2015. 

Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 oleh Komisaris WQA Iskandar Zulkarnain kepada Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar didampingi pimpinan MUI lainnya dan pimpinan WQA. Acara dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (7/12) yang diselenggarakan secara hybrid. 

Baca juga : Sabet Penghargaan IIF, Kepemimpinan Sri Mulyani Dipuji Dunia

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua MPR Bambang Soesatyo, pimpinan lembaga negara lainnya dan pejabat pemerintah tingkat pusat. Duta Besar yang hadir dari negara Mesir dan Palestina serta pejabat Kedubes Malaysia dan Qatar.

Hadir secara online pengurus MUI pusat, provinsi dan kabupaten/kota, pimpinan ormas-ormas Islam tingkat pusat, lembaga-lembaga mitra kerja MUI baik dari pemerintah maupun perusahaan swasta.

Dalam pidato pengarahan Ketua Umum MUI yang dibacakan Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas mengatakan, dengan pemenuhan persyaratan ISO 9001:2015 sejak 2018 maka MUI merupakan organisasi berstandar internasional sehingga masuk kategori organisasi yang modern, profesional, kapabel, dan akuntabel.

Baca juga : Nih, Cara Verifikasi Sertifikat Vaksinasi Dari Luar Negeri

Chief Executive Officer (CEO) WQA UK Limited, Daniel Raymond mengapresiasi, pencapaian MUI yang mampu mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015. “Terus terang kami juga sangat bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada WQA sebagai lembaga sertifikasi ISO bagi MUI. Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk memberikan pelayanan kepada MUI,” tuturnya dalam pernyataannya yang disampaikan dari Inggris dan ditayangkan secara online.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.