Dark/Light Mode

Rombak Direksi Tiga BUMN Tambang

Erick Tak Mau Kehilangan Momentum Kerek Kinerja

Senin, 27 Desember 2021 06:50 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Pupuk Indonesia, salah satunya dengan mengganti direktur keuangan dan investasi. (Foto: Istimewa).
Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Pupuk Indonesia, salah satunya dengan mengganti direktur keuangan dan investasi. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Selanjutnya, dalam hasil RUPSLB PT Bukit Asam (Per­sero) Tbk, para pemegang sa­ham mengangkat Arsal Ismail sebagai Direktur Utama perse­roan. Arsal Ismail mengganti­kan Suryo Eko Hadianto.

Arsal mengaku, ia tidak asing dengan PTBA, karena ia juga lahir dan besar di Baturaja, dekat dengan lokasi tambang PTBA di Tanjung Enim. Arsal juga pernah malang melintang di industri batubara.

“Ini amanah dari pemegang saham. Kita akan bersama sama membawa PTBA lebih baik lagi ke depannya,” ucap Arsal dalam keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (24/12).

Baca juga : Dorong Direksi Muda BUMN, Erick Thohir Contohkan Lulusan ITB

RUPSLB juga mengukuhkan pemberhentian sejumlah mana­jemen, sekaligus mengangkat pejabat baru. Dengan demikian, susunan direksi dan komisaris PT Bukit Asam yang baru yaitu, Direktur Utama Arsal Ismail, Direktur Keuangan dan Mana­jemen Risiko Farida Thamrin, Direktur Pengembangan Usaha Rafli Yandra, Direktur Operasi dan Produksi Suhedi, Direktur SDM Suherman

Sementara Dewan Komisaris terdiri dari Komisaris Utama/Komisaris Independen Agus Su­hartono, Komisaris Independen Andi Pahril Pawi. Serta Komisa­ris Devi Pradnya Paramita, Ed­mar Piterdono Hamzah, Carlo Brix Tewu dan Irwandy Arif.

Terakhir, hasil RUPSLB Antam mengangkat Nicolas D Kanter alias Nico Kanter sebagai Direktur Utama Antam, menggantikan Dana Amin. Nico Kanter sebelumnya menjabat se­bagai Komisaris PT Vale Indone­sia Tbk (INCO). Ia ditunjuk oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2021 setelah menjabat sebagai Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) PT Vale Indonesia Tbk selama 9 tahun.

Baca juga : Tahun 2021, Keberhasilan Bersama Melewati Masa Paling Sulit

Corporate Secretary Antam Yulan Kustiyan menjelaskan, pe­megang saham juga menetapkan I Dewa Bagus Sugata Wirantaya sebagai Direktur Operasi dan Produksi, Elisabeth RT Siahaan sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Dolok Robert Silaban sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Basar Simanjuntak sebagai Direktur Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya, Komisaris Utama merangkap Komisaris Inde­penden dijabat FX Sutijastoto, Komisaris Independen Anang Sri Kusuwardono dan Gumi­lar Rusliwa Somantri. Serta Komisaris terdiri dari Dio Seno Widagdo dan Bambang Sunar­wibowo.

Sebelumnya, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, perombakan direksi ini bertujuan untuk mendukung akselerasi transformasi industri tambang dan pengembangan hilirisasi.

Baca juga : Serahkan Dokumen Tambahan Formula E, Jakpro Minta Wejangan KPK

“Termasuk, mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor electric mobility, dengan membuka pe­luang investasi dan kerja sama dengan player electric mobility global,” pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.