Dark/Light Mode

Selidiki Formula E

KPK Mentok

Jumat, 31 Desember 2021 08:58 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (Foto: Antara)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Selain itu, penyelidik akan mempelajari berapa nilai fee, tujuan transfer, apakah ditransfer ke pemilik Formula E dan lainnya. "Itu, kan, informasi-informasi yang mendasar," imbuhnya.

Alex juga memastikan, penyelidikan di KPK tidak akan mengganggu pelaksanaan balapan. "Formula E kan sudah ditentukan ya, di Ancol. Jadi, Juni 2022, sudah ada kepastian," ucapnya.

Baca juga : Steffi Zamora, Berduka Di Momen Ultah

Tim Penyelidik KPK nanti akan melihat apakah pembiayaan sebatas Rp 500 miliar atau ada yang lainnya. "Karena ada (penjelasan) dari ketua panitia sendiri katanya akan menggunakan swasta atau sponsor. Kita lihat nantilah," tambah Alex.

Penyelidikan kasus ini mulai mencuat saat KPK memintai keterangan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Ahmad Firdaus, Selasa (2/11). Firdaus terlihat di Gedung KPK dengan berpakaian serba putih. Dia tiba seorang diri sekitar pukul 9.15 WIB. Padahal, nama Ahmad Firdaus tidak tertera dalam jadwal pemeriksaan penyidik KPK hari itu.

Baca juga : KPK Belum Nemu Belangnya

Usai menjalani pemeriksaan selama hampir 7 jam, Firdaus melenggang keluar Gedung KPK. Saat dikonfirmasi awak media, Firdaus tampak terkejut dan enggan memberikan penjelasan panjang. "Pertanyaan tentang Formula E saja,” jawab Firdaus, singkat.

Pemeriksaan Firdaus ini sempat bikin Pemprov DKI "kelabakan". Makanya, di akhir November, Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta Bambang Widjojanto (BW) datang ke Gedung KPK. Didampingi Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto dan Kepala Inspektorat DKI Syaefulloh Hidayat, BW mengaku akan membantu KPK mengurai dugaan kasus ini dengan membawa dokumen setebal 600 halaman.

Baca juga : Ketua DPRD DKI: Tak Perlu Bawa-Bawa Presiden

BW memastikan, Pemprov DKI akan terus transparan terhadap KPK. Beragam upaya dilakukan untuk membantu kinerja Firli Cs dalam melakukan penyeledikan kasus dugaan korupsi Formula E.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.