Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ditanya Siapa Menteri Minta Jatah 40 M

Mahfud: Pejabatnya Sudah Masuk Penjara

Jumat, 14 Januari 2022 08:46 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Kemenko Polhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teka-teki siapa menteri yang meminta setoran dari dirjen sebesar Rp 40 miliar sedikit terkuak. Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, menteri tersebut sudah tidak di kabinet. Menteri yang dia maksud sudah masuk penjara.

Kabar adanya menteri yang meminta jatah Rp 40 miliar ke dirjen pertama kali diungkap Mahfud sendiri saat menjadi narasumber program Aiman yang tayang di Kompas TV, Selasa (11/1). Saat ditelisik Aimin soal ada menteri yang meminta jatah, Mahfud mengiyakan.

Mahfud mencontohkan, pernah didatangi seorang dirjen yang mundur dari salah satu kementerian. Alasan dirjen itu karena dimintai setoran oleh pimpinannya, yakni salah seorang menteri. Tanpa menyebut nama dirjen dan menteri yang dimaksud, Mahfud lalu menyebut besaran setoran yang diminta.

Berita Terkait : Lantik Mayjen Mulyo Aji Jadi Sesmenko, Mahfud Ingatkan Setumpuk Tantangan

“Pak, saya disuruh nyetor, disuruh cari uang Rp 40 miliar dari kedirjenan saya ini. Karena mengurusi perizinan-perizinan,” ungkap Mahfud, menirukan curhatan dirjen tersebut.

Cerita Mahfud ini membuat banyak orang penasaran. Banyak yang bertanya-tanya, siapa menteri yang dimaksud. 

Akun @Fitrian_No11 di Twitter kemudian meminta Mahfud melaporkan menteri tersebut ke Presiden Jokowi dan ke KPK. “Pak @mohmahfudmd, mari Prof berjuang untuk kebenaran dan keadilan. Seandainya Prof mau bilang ke Presiden @jokowi atau @KPK_RI, insya Allah menjadi amalan dan demi masa depan birokrasi yang bebas dari korupsi, gratifikasi, dan pungli. Yang begini-begini parasit. Dari pada curhat ke media,” tulisnya, sambil me-mention akun Twitter Mahfud.

Berita Terkait : Beringin Cuma Mau Capresnya Airlangga

Mahfud lalu merespons pernyataan warganet itu. Dia menerangkan, bahwa menteri yang dia ceritakan kini sudah masuk penjara.

"Alhamdulillah, yang begitu itu tak perlu Anda sarankan kepada saya dengan narasi “seandainya”. Tentu saya sudah sampaikan ke APH (Aparat Penegak Hukum) terkait, termasuk ke Istana. Sekarang pejabat yang bersangkutan sudah masuk penjara. Kalau Anda rajin membaca isi berita (bukan hanya judul berita) Anda akan tahu di mana dan siapanya," jawab Mahfud di akun @mohmahfudmd.

Lalu, siapa nama menterinya? Saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka tadi malam, Mahfud menggeleng. Ia hanya memberi clue dalam program Aiman Kompas TV.

Berita Terkait : Jayabaya Minta Wahidin Bijak Sikapi Buruh Yang Masuki Ruang Kerjanya

Jika ditengok ke belakang, ada dua menteri era Jokowi yang masuk penjara. Yaitu Edhy Prabowo yang kena operasi tangkap tangan KPK karena suap perizinan ekspor benih lobster dan Juliari P Batubara yang ditangkap KPK karena korupsi bansos Corona.
 Selanjutnya