Dark/Light Mode

Ini Masukan Wiranto Untuk Pemerintah, Soal IKN Masuk Daftar

Rabu, 19 Januari 2022 12:32 WIB
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (kedua) saat bertemu Wapres KH Maruf Amin di Istana Wapres Jakarta, Rabu (19/1). (Foto: Setwapres)
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (kedua) saat bertemu Wapres KH Maruf Amin di Istana Wapres Jakarta, Rabu (19/1). (Foto: Setwapres)

 Sebelumnya 
Wapres menyadari, hal tersebut memerlukan waktu. Hingga saat ini, baru tersedia 45 MPP di Indonesia, atau baru mencapai 10 persen dari target ketersediaan MPP.

Kedua, terkait pembangunan SDM. Pemerintah sedang berusaha, agar pendidikan di Indonesia dapat menghasilkan tenaga yang siap pakai.

Salah satunya, dengan melakukan upaya pembinaan terhadap guru pelopor pada pendidikan tinggi melalui program Kampus Merdeka.

Baca juga : Pemerintah Punya Modal Untuk Lebaran Tahun Ini

Dengan kualitas guru yang meningkat, diharapkan kualitas pendidikan, termasuk kualitas tenaga kerja di Indonesia juga akan meningkat.

“Ini pembangunan SDM dilakukan, yaitu melalui pendidikan vokasi, melalui Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas, kemudian juga politeknik. Sekarang juga sekolah-sekolah kejuruan diperbanyak. Dari hasil evaluasi, masih banyak tamatan tenaga kerja kita yang belum linked (dengan industri). Sehingga, kita mulai melakukan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri,” jelas Wapres.

Selanjutnya, terkait penyusunan landasan hukum perpindahan IKN, Wapres juga berharap prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga : Jinakkan Harga Migor, Pemerintah Guyur Subsidi Rp 7,6 T

"Tentang IKN, karena ini sudah menjadi keputusan yang sudah diambil dan sekarang sedang dilakukan pembicaraan-pembicaraan di DPR, mudah-mudahan tidak mengalami yang dialami oleh UU Ciptaker di MK. Ini sebenarnya sudah diantisipasi,” ujar Wapres.

Terakhir, Wapres berharap dapat terus menerima masukan-masukan strategis dari Wantimpres. Tidak hanya itu, ia juga mengharapkan Wantimpres turut memantau segala perkembangan kebijakan pemerintah hingga level implementasi.

"Tolong, nanti dari Wantimpres bisa melihat, petanya masih seperti ini, kalau dibiarkan akan terus seperti itu,” ujar Wapres.

Baca juga : Jabatan Strategis Pemerintah Jangan Diisi Mantan Napi

“Kita memang memerlukan juga. Dengan pengamatan lebih banyak, informasi yang diperoleh dapat lebih lengkap,” pungkasnya.

Dalam pertemuan ini, Ketua Wantimpres Wiranto didampingi oleh anggota Wantimpres Muhamad Mardiono, Putri Kus Wisnu Wardani, Agung Laksono, dan Sidarto Danusubroto, serta Sekretaris Wantimpres Agus Widodo.

Sementara itu, Wapres didampingi oleh Plt. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Masykuri Abdillah, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Lukman Hakim Siregar. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.