Dark/Light Mode

Di Atas 10 Ribu Lagi

Covid Meresahkan Lagi

Minggu, 30 Januari 2022 08:47 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Foto:  Shutterstock/angellodeco).
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Shutterstock/angellodeco).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan Covid-19 di Indonesia mulai meresahkan lagi. Kasus harian yang sudah melandai di akhir tahun, kini kembali naik menjadi 10 ribu kasus per hari. Ih serem.

Peningkatan kasus Corona mulai terasa sejak pertengahan Januari lalu. Saat itu, rata-rata kasus harian mulai bertambah meningkat menjadi 2 ribu kasus per hari. Hanya dalam dua pekan, penambahan kasus meningkat hingga lima kali lipat.

Per hari kemarin, jumlah kasus yang terkonfirmasi positif sebanyak 11.588 kasus. Penambahan kasus ini tertinggi sejak 1 September lalu. Saat itu Indonesia melaporkan kasus harian 10.337 kasus. Sementara Pasien sembuh bertambah 2.590, dan meninggal 17 kasus.

Baca juga : Keok Di Australia Open, Raducanu Nyalahin Covid

Dengan penambahan kasus tersebut, jumlah kasus aktif mencapai 52.555 orang. Hampir setengahnya atau 24.109 kasus berada di DKI Jakarta. Setelah itu kasus aktif terbanyak ada di Jawa Barat dengan 11.788 kasus dan Banten dengan 9.164 kasus.

Meski tren kasus harian mulai menanjak, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih tenang. Jubir Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menilai, penambahan kasus Corona di Indonesia masih terkendali jika dibanding 5 negara lain di Asia seperti di India, Filipina, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Nadia mengungkapkan, berdasarkan data dari ourwordindata.org, grafik penambahan kasus baru Covid-19 per 1 juta penduduk di Indonesia masih landai. Pada 26 Januari 2022, angka konfirmasi positif di Indonesia sebesar 13,27 per 1 juta penduduk.

Baca juga : Pekan Depan, PM Inggris Cabut Aturan Ketat Soal Covid, Masker Nggak Wajib Lagi

Menurut Nadia, angka itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan Singapura dengan konfirmasi positif sebesar 825,80 per 1 juta penduduk, Filipina sebesar 233,71 per 1 juta penduduk, India sebesar 220,71 per 1 juta penduduk, Malaysia 121,19 per 1 juta penduduk, dan Thailand 110,20 per 1 juta penduduk.

Dia mengatakan, hal ini berkat upaya regulasi pencegahan penyebaran Corona yang dilakukan pemerintah. Salah satunya dengan memberlakukan PPKM berlevel di setiap wilayah diiringi protokol kesehatan yang ketat.

Nadia mengatakan, pemerintah tengah mengantisipasi lonjakan kasus.

Baca juga : Dinkes DKI: 81 Persen Kasus Baru Covid Pelaku Perjalanan Luar Negeri

“Upaya-upaya tersebut dilakukan secara konsisten dan dievaluasi secara rutin. Sehingga setiap ada penambahan kasus dengan jumlah sedikit maupun banyak langsung dilakukan tata laksana perawatan yang baik di rumah sakit,” kata Nadia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.