Dark/Light Mode

Eks Direktur Dan Penyelidik KPK Lolos Seleksi Dewan Komisioner OJK

Senin, 31 Januari 2022 13:02 WIB
Mantan Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Mantan Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Giri Suprapdiono dan Iguh Sipurba, lolos seleksi administrasi calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027.

Berdasarkan pengumuman Nomor Peng-02/PANSEL-DKOJK/2022, terdapat 155 orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Giri berada di urutan 29 calon anggota OJK yang ditetapkan lulus seleksi tahap I (seleksi administratif). Dalam pengumuman itu, ia tercatat menyandang jabatan Analis Kebijakan Ahli Madya Kepolisian RI. "Benar," ujar Giri saat dikonfirmasi, Senin (31/1).

Baca juga : Setelah Deklarasi, Relawan Puan DKI Langsung Aksi Beri Bantuan Ke UMKM

Dia mengatakan, OJK merupakan lembaga yang strategis dan progresif serta mempunyai otoritas besar dalam menjaga stabilitas dan pemulihan ekonomi. Atas dasar itu, ia ingin terlibat lebih jauh dalam mencapai tujuan-tujuan di sektor keuangan yang berintegritas.

"Harapannya kehadiran kami akan menjadi bagian pembangunan sektor keuangan yang berintegritas, stabil dan profesional melalui antikorupsi, edukasi, dan perlindungan bagi masyarakat," tuturnya.

Ia mengaku sudah memperoleh izin dari Polri untuk mengikuti seleksi calon anggota Dewan Komisioner OJK. "Mewakili dan diizinkan Polri dalam mengikuti proses ini sangatlah membanggakan kami. Ini masih tahap awal, masih panjang proses ke depan," ungkap Giri.

Baca juga : 6 Kali Beruntun, Persib Lolos Verifikasi Klub Profesional AFC

Sementara Iguh ada di nomor 12 calon anggota OJK yang ditetapkan lulus seleksi tahap I dengan jabatan Analis Kebijakan Ahli Madya Kepolisian RI.

Giri dan Iguh merupakan bagian dari 57 pegawai KPK yang diberhentikan lantaran tidak lolos asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dalam rangka alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Keduanya memutuskan menerima tawaran Polri untuk menjadi ASN Korps Bhayangkara setelah melalui berbagai mekanisme hukum untuk melawan tindakan pemecatan tersebut.

Baca juga : Eks Dirjen Kemendagri Dicecar KPK Soal Aliran Dana Pengurusan PEN Daerah

Sebelum meninggalkan KPK, Giri merupakan Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi. Sedangkan Iguh merupakan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penyelidik yang sudah menangani banyak kasus korupsi dengan berbagai macam latar belakang tersangka.

Sementara itu, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan juga termasuk ke dalam 155 orang yang lolos seleksi administrasi calon anggota Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027. Ia ada di urutan 57 dengan nomor pendaftaran 277.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.