Dark/Light Mode

Seriusi Pembangunan Ibu Kota Baru

Jokowi Akan Berkemah, Tendanya Kayak Gimana...

Jumat, 4 Februari 2022 08:41 WIB
Presiden Jokowi melakukan kegiatan penanaman pohon bersama masyarakat di Humbang Hasundutan, Sumut, Kamis (03/02/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).
Presiden Jokowi melakukan kegiatan penanaman pohon bersama masyarakat di Humbang Hasundutan, Sumut, Kamis (03/02/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).

 Sebelumnya 
“Meski komitmen legal yuridisnya sudah jelas dengan disahkannya Undang-Undang IKN pada 18 Januari 2022 yang lalu,” ujarnya saat dihubungi tadi malam.

Hendrawan juga setuju bila dalam acara tersebut ada agenda pertemuan Jokowi dengan para kepala adat setempat. Menurutnya, agenda ini sangat baik karena menggabungkan dialektika horizontal dan vertikal. “Dengan begitu, suku yang ada di sekitar IKN akan lebih paham, karena langsung presiden yang menjelaskan,” katanya.

Hanya saja, politisi PDIP itu punya pesan kepada presiden agar rencana itu tidak meninggalkan dampak di publik. Terlebih, publik sangat sensitif jika berkaitan dengan anggaran negara.

Baca juga : KSP: Pemindahan IKN Bukti Kita Mampu Wujudkan Perubahan

“Sederhana saja. Karena lebih bermakna simbolik. Jangan nanti belum apa-apa sudah dikritik sebagai pemborosan atau ketidakefisienan awal,” cetus Hendrawan.

Di dunia maya, rencana Jokowi akan berkemah itu mendapat apresiasi dan komentar beragam dari warganet. Akun @AliJaFa39445977 menjelaskan makna camping yang dilakukan Jokowi di lokasi pembangunan IKN.

“Dalam bahasa Jawa namanya “TIRAKAT” berdoa ditempat baru yg akan jadi hunian. Agar di ridloi Allah Tuhan YME. Yg dilakukan presiden ini sangat luar biasa,” cuitnya.

Baca juga : Basuki: Belum Dimulai, Anggarannya Belum Ada

“Jangan ketinggalan acara api unggun dan barbeque, yah...?” timpal @ yudihry03022012. “Semoga liburannya menyenangkan mengulang kembali nostalgia ketika di waktu SMA dulu...” timpal @MT93990025.

Namun, akun @silent_rooftop masih bingung dengan tenda yang akan dipakai Jokowi saat berkemah nanti. “Camping nya ala presiden mah pasti pake AC,” ledeknya.

Akun @barryallen_1st yakin pihak protokoler tidak akan kebingungan, karena banyak produsen outdoor yang mau menghibahkan alat-alatnya dipakai presiden. “Kan bisa dapat endorse tenda camping. Kebetulan si @inggavalensi juga mau camping,” cuitnya. “Ini baru mesen senternya dulu. Tendanya lagi dijahit,” timpal @inggavalensi.

Baca juga : Jokowi: Tidak Ada Kotak Khusus Di APBN

“Ane ada nih tenda 2p. Double layer merk Kalibre. Senter juga ada, kompor ada, gas ada, bangku ada, meja ada, matras ada sleeping bag ada, jas ujan ada. Pisau lipet juga ada, mau gak,” kata @ YustiawanIhsan2, menawarkan. “Sambil pake baju Nusantara. Makan minum dari alam. Berburu menanam ubi,” tutur @ iamJackthe. “Pak Jokowi iki lak aneh-aneh polae. Seng nderedek paspampres karo rakyate. Sehat-sehat selalu nggeh pakde,” ucap @03__nakula. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.