Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masuk Arab Saudi Tak Perlu PCR Dan Karantina

Naik Haji Tahun Ini, Semoga Terlaksana

Senin, 7 Maret 2022 08:03 WIB
Ilustrasi Ibadah haji kala pandemi corona. (Foto: Saudi Media Ministry via AP).
Ilustrasi Ibadah haji kala pandemi corona. (Foto: Saudi Media Ministry via AP).

 Sebelumnya 
Terkait pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 2022, Hilman mengungkapkan, Kemenag telah mengirimkan tiga tim delegasi dari Subdit Layanan Haji Luar Negeri Kemenag berjumlah 30 orang ke Arab Saudi.Tiga tim tersebut terdiri dari Subdit Akomodasi, Katering, dan Transportasi dalam rangka persiapan penyelenggaraan haji 1443H/2022M .

Menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Kemenag Subhan Cholid, tim delegasi telah diberangkatkan sejak 24 Februari 2022 dan diperkirakan akan kembali pada awal April 2022.

“Jadi sekitar 30 orang untuk melihat kesiapan Jeddah, Madinah, Mekkah, serta Arminah,” ujar Subhan.

Baca juga : Cabut Pembatasan Covid, Masuk Saudi Tanpa Karantina Dan Tes PCR

Tim delegasi yang berada di Arab Saudi hanya untuk menjajaki potensi-potensi layanan teknis terkait fasilitas untuk calon jamaah haji asal Indonesia di Saudi. Misalnya, mengecek tingkat kelaikan hotel, dapur, transportasi, dan lain-lain.

Hal ini pun ditegaskan Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali. Ia mengatakan, delegasi di Saudi hanya fokus pada persiapan layanan haji. Hal ini dilakukan jika nantinya Pemerintah Saudi mengumumkan kepastian adanya haji, maka Pemerintah Indonesia sudah siap dari aspek persiapan layanan.

“Delegasi ini lebih pada preparing. Adapun kebijakan ada atau tidak ada haji sepenuhnya domain Pemerintah Arab Saudi. Jadi bukan kepada aspek negosiasi kebijakan haji akan tetapi pada aspek preventive dan preparing jika ada kepastian haji dari Pemerintah Arab Saudi kita sudah siap,” urai Endang.

Baca juga : Insya Allah, Tahun Ini BSI Kantongi PMN...

Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily meminta Kemenag segera menyesuaikan aturan di Saudi. Seperti keberangkatan umrah, dan juga pelaksanaan Ibadah Haji 2022.

Ia berharap, kondisi di Tanah Suci saat ini membawa kabar baik bagi jemaah asal Indonesia yang telah lama ingin menunaikan Rukun Islam kelima itu.

“Ini kan sinyal positif. Proses pelonggaran itu tentu menjadi tanda positif terhadap ibadah haji 2022. Saya kebetulan panitia kerja biaya haji, di masa persidangan kita segera melanjutkan pembahasan,” kata politisi Golkar tersebut. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.