Dark/Light Mode

1.811 Desa/Kelurahan Kurang Patuh Pakai Masker

Pejabat Harus Kasih Contoh Baik, Jadi Masyarakat Ngikut

Jumat, 25 Maret 2022 06:30 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Penanganan Covid-19).
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Penanganan Covid-19).

 Sebelumnya 
Akun @NichoKrisna menilai, wajar Jawa Timur menjadi provinsi dengan tingkat pelanggaran prokes memakai masker tinggi. Kata dia, di kota kecil di Jawa Timur, lebih banyak yang tidak pakai masker daripada yang pakai dan taat prokes.

“Di Depok juga sama. Karena berpikir mau endemi, jadi sepanjang jalan melihat orang sudah banyak yang nggak pada pakai masker,” kata @miaa9986.

Akun @GugatSemar mendesak Pemerintah Daerah melakukan pengetatan dan penegakan disiplin prokes kembali.

Baca juga : Andalkan Aplikasi, Sahabat Ganjar Terus Bergerilya Rebut Hati Masyarakat Jatim

Soalnya, kata @april.hamsa, saat ini orang yang tidak memakai masker lebih banyak daripada yang taat prokes.

“Di tempat aku, bisa dihitung jari yang bermasker. Yang masih maskeran dipandangi seperti melihat alien,” ujar @april.hamsa.

Akun @tias_rf mengaku tetap memakai masker ke mana pun pergi. Sudah jadi kewajiban dan lifestyle. Dia merasa nyaman jika ketemu banyak orang dengan bermasker, dan justru merasa aneh jika tidak menggunakan masker. “Kebiasaan ini saya tularkan juga ke suami dan anak-anak saya,” ungkapnya.

Baca juga : Hadapi Lonjakan Covid-19, Kapolri Ingin Pemakaian Masker Kembali Jadi Kebiasaan Rutin

Akun @nicolas.layanto mendesak Pemda lebih tegas lagi kepada masyarakat yang melanggar disiplin prokes. Memakai masker harus dihukumi wajib, dan pelanggaran harus dikenakan hukuman tegas. “Termasuk yang pakai masker, tapi cara pakai ngawur juga termasuk,” katanya.

Akun @bukan_afgan mengatakan, tetap menegakkan disiplin prokes merupakan salah satu bentuk membantu Pemerintah mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok. Selalu patuhi prokes yang dianjurkan dan selalu memakai masker.

“Memakai masker adalah salah satu prokes yang harus dilakukan terlebih lagi saat bepergian,” ungkap @burhantama.

Baca juga : Kemenko PMK Ajak Masyarakat Perangi Stunting

“Nah, siapa nih yang suka nggak pakai masker saat di luar rumah, tetap patuhi prokes ya,” timpal @KarlilaK. “Tetap memakai masker ya bestie,” tambah @Bobasiip.

Akun @OmanDotKom mengingatkan, disiplin prokes tidak hanya bermanfaat untuk menjaga diri sendiri. Tapi juga orang di sekitar. Kepada yang belum vaksin, dia menyarankan segera melengkapi dosis vaksin 1,2,3 agar tercipta herd immunity. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.