Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pesan Kang Emil Untuk Plt Wali Kota Bekasi

Jangan Diulang, Jangan Cederai Masyarakat Di Era Demokrasi

Jumat, 7 Januari 2022 16:49 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) bersama Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di sela acara penyerahan surat tugas yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/1). (Foto: Instagram)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) bersama Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di sela acara penyerahan surat tugas yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/1). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan wejangan khusus kepada Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, yang kini ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi. Menggantikan Rahmat Effendi yang kini telah berstatus tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam kasus suap pembebasan lahan dan lelang jabatan di Pemkot Bekasi.

"Yang pertama, Pak Wakil (Tri Adhianto) harus mengambil hikmah dari peristiwa ini yang buruknya tidak boleh diulang. Jangan diulang, karena mencederai masyarakat di era demokrasi ini," kata Kang Emil di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung, seperti dilansir ANTARA, Jumat (7/1).

Kedua, Kang Emil meminta Tri tetap fokus menjalankan tugas. Memastikan pelayanan masyarakat tak terkendala.

"Tetap rendah hati, sabar, mungkin ada dinamika yang orang masih bingung atau menerka-nerka seperti apa ya dilayani, diberi kesabaran saja," katanya.

Baca juga : Pasca Di-OTT, Wali Kota Bekasi Masih Diperiksa Intensif

Ketiga, Kang Emil meminta Tri cepat berbenah karena sisa jabatan tinggal 1,5 hingga 2 tahun.

"Harus fokus memberikan pelayanan terbaik dan membangun Bekasi, yang sebenarnya modalnya sangat besar. Tinggal dieksekusi sebaik-baiknya," tutur Kang Emil.

Ia pun menitip pesan kepada para aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Bekasi untuk segera melakukan evaluasi, jika menemukan praktik korupsi hingga level bawah.

"Saya titip tolong ASN Kota Bekasi,.untuk segera melakukan evaluasi. Kalau masih merasakan ada praktik yang melanggar etika hukum, harus segera konsolidasi untuk diperbaiki," papar Kang Emil.

Baca juga : Magetan Kini Punya Graha Pusat Literasi

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto yang resmi ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi mengatakan, ia akan berusaha sebaik-baiknya dalama meneruskan pembangunan.

"Hari ini saya mendapat arahan, bimbingan dan langkah strategis yang harus saya lakukan dalam rangka terus melanjutkan pembangunan. Masih banyak PR terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), visi misi dan juga rencana strategis yang menjadi janji politik Bang Pepen dan Mas Tri Adhianto," ucap Tri, yang mengaku akan segera melakukan komunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bekasi.

"Harus ada langkah progresif. Itu sudah disampaikan Pak Gubernur dan juga tatanan kehidupan bermasyarakat, hubungan interaksi dengan para tokoh, Forkopimda dan seluruh warga masyarakat," lanjutnya.

Tri memastikan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi menyikapi pesan Gubernur Jawa Barat, yang memintanya segera berbenah, jika menemukan adanya praktik korupsi di dalam pemerintahan.

Baca juga : Warga Jatim Kudu Cegah Kecurangan Pilkada 2024

"Oleh karena itu, yang diperlukan adalah konsolidasi. Tentu, kita menunggu arahan secara umum yang minggu depan akan disampaikan oleh Pak Gubernur," ujar Tri.

"Kita nanti akan memiliki gerak langkah yang sama, untuk menyelesaikan persoalan  termasuk masalah psikologis yang hari ini melingkupi masyarakat dan aparatur yang ada di lingkungan Pemkot Bekasi. Sejauh ini, pelayanan masyarakat di Kota Bekasi masih berjalan optimal," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.