Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Senang Deh Kalau Ada Vaksin Covid Untuk Balita

Jumat, 25 Maret 2022 06:37 WIB
Vaksin Covid-19 Moderna. (ANTARA FOTO/FRANSISCO CAROLIO).
Vaksin Covid-19 Moderna. (ANTARA FOTO/FRANSISCO CAROLIO).

 Sebelumnya 
Akun @andriani.yuni masih meragukan efektivitas dan keamanan vaksin yang dikaji Moderna. Soalnya, 1/2 dosis saja untuk orang dewasa efek sampingnya lumayan. “Apa aman untuk anak-anak,” kata @andriani.yuni. “Kalau tidak aman mereka pasti tidak akan berani rilis info seperti itu,” timpal @a.ditarizki.

Akun @carissa.magdalena meluruskan. Dia bilang, maksud aman itu adalah kemungkinan balita terkena KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Kata dia, kemungkinan KIPI tetap harus dipertimbangkan dengan matang.

Baca juga : Ajak Parlemen Dunia Kerja Sama Atasi Covid, Puan Banjir Pujian

“Jangan main-main loh anak 6 bulan kalau KIPI parah, orang tuanya nggak tahu harus ngapain. Bisa meninggal nanti anaknya,” ungkapnya.

Akun @tasyacatlover ragu vaksin Moderna bisa digunakan untuk anak di bawah 6 tahun. Pasalnya, orang dewasa saja mengalami KIPI yang luar biasa. “Haduh, pakai Moderna untuk booster saya teler 2 hari, menggigil, berasa ditabrak truck,” ungkapnya.

Baca juga : Zero Kematian Sulit Dicapai

“Betul kak, saya juga booster pakai Moderna. Sehari setelahnya badan panas seharian dan badan seperti habis digebukin. Mirip-mirip AstraZenecca KIPI-nya,” tutur @achiet85. “Tergantung orangnya sih. Saya cuma pegal saja tangannya 1 hari,” timpal @ohheytiara.

Akun @inaa_ds juga meminta Pemerintah mengkaji lebih matang mengenai vaksin Moderna jika ingin diberikan ke anak-anak di Indonesia. Dia bercerita, vaksin 2 kali dosis dengan Moderna dan mengalami KIPI yang sangat terasa.

Baca juga : Peternak Di Jawa Timur Jamin Stok Sapi Aman

“Sampai beberapa hari lemas, bagaimana kalau ke anak-anak, apakah yakin aman,” ujarnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.