Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Hidup Bareng Covid-19, Pahami Pencegahannya

Jumat, 1 April 2022 07:40 WIB
Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Bidang Dukungan Darurat Kesehatan Satgas Covid-19, dr. Retno Asti Werdhani. (Foto: Satgas Covid-19)
Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Bidang Dukungan Darurat Kesehatan Satgas Covid-19, dr. Retno Asti Werdhani. (Foto: Satgas Covid-19)

RM.id  Rakyat Merdeka - Covid-19 bisa dipastikan tidak akan lenyap dari muka bumi. Masyarakat tidak ada pilihan selain hidup berdampingan bersama virus asal China tersebut.

Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Bidang Dukungan Darurat Kesehatan Satgas Covid-19, dr. Retno Asti Werdhani mengingatkan, untuk hidup ber­dampingan bersama virus Corona masyarakat harus memahami pentingnya upaya pencegahan.

Apalagi, sampai sekarang Indonesia masih berusaha keras menekan peningkatan kasus Covid-19.

Baca juga : Hong Kong Longgarkan Pembatasan Bulan Depan

“Kasus Covid-19 membuka mata dan pikiran kita untuk bisa mengenal pentingnya mitigasi dan pencegahan dini,” ujar Asti dalam diskusi virtual yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kemarin.

Menurutnya, untuk berdampingan bersama Covid-19 dibutuhkan kemampuan dari masyarakat mengetahui berbagai macam risiko penyakit.

Pencegahan dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor internal maupun eksternal. Untuk faktor risiko internal, itu lebih fokus pada daya tahan tubuh atau imun.

Baca juga : Laudya Cynthia Bella: Takut Dosa, Ogah Pegangan Tangan

“Makanya sekarang banyak orang sudah mulai giat berolahraga, menjaga makanan yang sehat, melakukan vaksinasi dan memperbaiki gaya hidup,” tuturnya.

Sementara faktor risiko eksternal juga tak kalah penting. Protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak itu sangat dianjurkan dalam menjalani hidup bersama Covid.

Tapi faktor eksternal tidak hanya prokes. Faktor eksternal yang sering diabaikan adalah kondisi lingkungan yang berpotensi menjadi rumah bagi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Baca juga : Negatif Covid, Pelatih PSIS Dragan Alami Gejala Lanjutan

“Hidup bersama Covid, artinya virus itu masih ada di lingkungan kita. Maka jangan sampai lingkungan terdekat kita menjadi tempat hidup yang nyaman bagi si Covid-19,” beber Asti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.