Dark/Light Mode

Mulai Nyalip Prabowo

Ganjar Makin Jauh Tinggalkan Puan

Jumat, 8 April 2022 06:50 WIB
Mulai Nyalip Prabowo Ganjar Makin Jauh Tinggalkan Puan

 Sebelumnya 
“Kuantitas dan kualitas popularitas masing-masing tokoh berimplikasi terhadap elektabilitas mereka,” jelasnya.

Selain mensurvei capres, SMRC juga melakukan survei kepada para pemilih PDIP. Sirojudin menjelaskan, PDIP merupakan partai pemenang Pemilu 2019. Berbagai survei terkini menunjukkan elektabilitas partai berlambang kepala banteng itu, masih paling tinggi dibanding partai-partai lain. Arah dukungan massa partai ini kepada calon-calon presiden penting diamati.

Baca juga : Survei SMRC: Prabowo Sangat Dikenal Tapi Kurang Disukai

“Dalam setahun terakhir, dukungan massa PDI-P kepada Ganjar naik dari 20,1 persen pada Maret 2021 menjadi 34,2 persen pada Maret 2022,” kata Sirojudin.

Sementara itu, kecenderungan dukungan massa pemilih PDIP terhadap Puan Maharani dalam satu tahun terakhir, tidak banyak berubah, tetap sangat sedikit. Angkanya adalah 1,3 persen pada Maret 2021 dan 1,9 persen pada Maret 2022.

Baca juga : Harry Kane Disaranin Tinggalkan Spurs

Jubir kelompok relawan Sabahat Ganjar, Indah Cahayani mengapresiasi hasil survei tersebut. Kata dia, meningkatnya elektabilitas Ganjar tak lepas dari gerakan mesin relawan Sahabat Ganjar yang sudah mulai bekerja di tingkat akar rumput.

Sementara itu, politisi PDIP Junimart Girsang tak terlalu pusing dengan sejumlah survei yang menempatkan Puan di posisi bawah. Menurut dia, Puan cocok menggantikan Jokowi sebagai sosok yang bisa memberikan efek ekor jas pada pemilu nanti.

Baca juga : Meski Puasa, Sahabat Ganjar Tetap Aktif Bagikan Bantuan

Menurut Junimart, Puan memiliki banyak kelebihan, hingga akan mampu mendulang suara. Puan, kata dia, memiliki banyak pengalaman. Pernah menjabat sebagai Menko PMK. Saat ini menjabat sebagai ketua DPR perempuan pertama.

“Jadi menurut saya secara pribadi yes gitu loh. Kenapa tidak? Beliau itu cucu presiden, ya putri presiden, sudah pernah jadi Menko, sekarang ketua DPR pertama di Indonesia. Kan begitu,” ungkapnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.