Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Nyatakan Pemilu 14 Februari 2024

Demo Mahasiswa Jadi Mati Angin

Senin, 11 April 2022 06:37 WIB
Ilustrasi. Sejumlah mahasiswa dari Gerakan Bogor menggugat Istana melakukan aksi di depan Istana Presiden, Bogor, Jumat (8/4/2022). (Foto: Akbar Surya Ramanda/Magang Foto RM).
Ilustrasi. Sejumlah mahasiswa dari Gerakan Bogor menggugat Istana melakukan aksi di depan Istana Presiden, Bogor, Jumat (8/4/2022). (Foto: Akbar Surya Ramanda/Magang Foto RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Demonstrasi mahasiswa hari ini yang disebut-sebut bakal menghebohkan itu, jadinya mati angin. Tuntutan mahasiswa yang menolak penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan jabatan presiden, sudah dijawab dengan tegas dan lugas oleh Presiden Jokowi, sehari sebelum demo digelar. Kepada rakyat Indonesia, Jokowi nyatakan Pemilu tetap digelar 14 Februari 2024.

Penegasan itu disampaikan Jokowi dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang khusus membahas Persiapan Pemilu 2024, di Istana Bogor, kemarin sore. Rapat itu digelar mendadak. Sebab, tak biasanya Jokowi menggelar rapat di akhir pekan. Kepala Negara biasanya memanfaatkan hari libur untuk menikmati kebersamaan bareng keluarga atau blusukan keluar kota. Kalau pun digelar di Istana Bogor, rapat biasanya digelar di hari kerja.

Baca juga : Pemilu 14 Februari 2024, Jokowi Kasih PR Ke Mahfud

Rapat ini dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga turut hadir.

Video sesi pembukaan rapat ini kemudian diunggah ke akun YouTube Sekretariat Presiden. Dalam video itu, Jokowi masih tampil seperti biasa. Mengenakan kemeja lengan panjang warna putih yang dilipat sesiku dengan pin presiden tersemat di dada kiri. Gaya bicaranya pun masih seperti biasa. Tenang, lembut, dengan tangan sesekali bergerak memberikan tekanan. Tak terlihat wajah tegang. Berbeda dengan gestur para menteri yang begitu sigap. Saat Jokowi bicara, mereka langsung sigap mencatat di buku masing-masing.

Baca juga : Biar Adem, Pastikan Pemilu 14 Februari 2024

Apa yang disampaikan Jokowi? Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan, Pemilu 2024 akan tetap digelar 14 Februari 2024. Ia meminta tidak ada lagi spekulasi terkait penundaan Pemilu, perpanjangan jabatan, dan jabatan 3 periode. Ia pun menginstruksikan jajarannya menyampaikan hal ini kepada masyarakat. Ia juga meminta para menteri agar mempersiapkan secara baik seluruh tahapan Pemilu yang akan dimulai pada Juni 2022.

"Jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi, yang isunya beredar di masyarakat bahwa Pemerintah tengah berupaya melakukan penundaan Pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode," kata Jokowi.

Baca juga : Wiranto Senangkan Mahasiswa

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan akan segera melantik komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 pada Selasa besok (12/4). Setelah pelantikan, Pemerintah akan bicara dengan KPU dan Bawaslu mengenai persiapan pemilu. Tujuannya, agar semua tahapan pemilu bisa disiapkan dengan matang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.