Dark/Light Mode

Pendeta Alexsander Mauri

Pendekatan Agama Dan Rekonsiliasi Damai, Dasar Penyelesaian Konflik Papua

Minggu, 1 Mei 2022 10:00 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendekatan melalui agama dan adat merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan Papua. Unsur adat dan gereja bisa dilibatkan karena memiliki sinergitas dalam kehidupan masyarakat Papua.

Hal ini disampaikan Koordinator Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Pegunungan Tengah Papua, Pendeta Alexsander Mauri, Sabtu (30/4).

Baca juga : Bamsoet: Perlu Pendekatan Tegas Dan Humanis Selesaikan Konflik Di Papua

“Di Papua ada istilah tiga tungku, yaitu adat, gereja, dan pemerintah, di mana ketiganya ada sinergitas bagi masyarakat Papua," ujarnya.

Menurutnya, gereja dan adat bisa lebih difasilitasi dan diberikan kewenangan dan kapasitas untuk bergerak serta membantu pemerintah menghadapi setiap permasalahan yang terjadi. Jika tokoh agama diberikan dukungan dan mandat, dijamin masalah akan selesai.

Baca juga : Komitmen Multi-Pihak Implementasikan SDGs Melalui Pendekatan Yurisdiksi Di Tanah Papua

Pemerintah perlu melihat peluang memberikan kepercayaan kepada tokoh agama untuk tampil membantu menyelesaikan permasalahan Papua.

"Manusia memiliki nurani yang bisa di isi oleh ajaran kebaikan agama, sehingga pendekatan religi dan kultur diperlukan, tokoh agama perlu didukung untuk membantu selesaikan permasalahan Papua," beber Pendeta Alexsander.

Baca juga : Puan Minta Pemerintah Fasilitasi Masyarakat Yang Mudik Lebaran

Dirinya menceritakan, konflik di Lani Jaya pada 2010-2012 yang banyak memakan korban polisi di Polsek bisa diredam saat gereja masuk dan melakukan doa bersama dengan pihak TPN OPM.

"Saat itu dijelaskan ke TPN OPM Lani Jaya, bahwa yang dilakukan salah dan bertentangan dengan nilai-nilai prinsip ajaran kitab suci, TPN OPM di Lani Jaya mau mengerti dan menerima, dan hingga kini tidak ada lagi kasus penembakan di Lani Jaya," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.