Dark/Light Mode

Ibadah Sosial Penyiaran

Kamis, 5 Mei 2022 05:45 WIB
[Foto: Jeniffer Modenuti e Marcela Mari F. Arai, clicksociologico.com]
[Foto: Jeniffer Modenuti e Marcela Mari F. Arai, clicksociologico.com]

 Sebelumnya 
Sehingga kita bisa melihat bahwa produk penyiaran merupakan dari bagian ibadah sosial yang dilakukan oleh setiap LP tersebut. Sebesar dan sekecil apapun produk penyiaran tersebut, memiliki fungsi mengemban satu misi untuk memberikan pencerahan dan kesadaran kepada publik.

Dalam konteks seperti ini, maka banyak produk kreatif berbasis visual yang kemudian tayang di lembaga penyiaran itu begitu banyak mengandung unsur-unsur dakwah yang dapat memiliki fungsi pencerahan kepada masyarakat. Walaupun itu merupakan produk yang terlihat 100% seperti hiburan.

Baca juga : Ini Sosok Thomas Doll, Pelatih Anyar Persija

Karena ibadah sosial itu hadir sebagai ekspresi mengabadikan diri dari seorang konten kreator penyiaran untuk menghasilkan kebaikan-kebaikan umum yang kemudian bisa dijadikan teladan masyarakat pemirsanya.

Dalam jangka panjang, kebaikan-kebaikan itu kemudian akan berdampak pada berbagai hal seperti meningkatnya kesadaran dan kesejahteraan hidup, meningkatnya imunitas dan tentu saja menciptakan kegembiraan massal yang ujungnya adalah kebahagiaan sosial.

Baca juga : Dubes Australia Sampaikan Pesan Di Momen Hari Kartini

Namun demikian, bahwa masih ada produk penyiaran yang kemudian diwarnai oleh sikap-sikap yang kurang patut dari para pelaku dalam acara tersebut, tentu ini adalah Pekerjaan Rumah kita semua, yang harus kita sikapi bersama. Termasuk oleh lembaga berbasis pemberdayaan umat seperti MUI ini.

Sebab walau bagaimana pun, para pelaku industri penyiaran ini adalah subjek dakwah yang kemudian wajib diberikan pencerahan. Dalam Al-Quran (Surat Al-Hujurat ayat 11) misalnya, sudah dijelaskan bahwa kita dilarang mengolok-olok seseorang, merendahkan, melecehkan, menghina yang ternyata semangat ini sama dengan regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah, juga bahwa produk siaran itu tidak boleh melakukan tindakan-tindakan seperti itu.

Baca juga : Negara G20 Fokus Upaya Hentikan Penularan Covid

Dengan semangat seperti inilah maka produk penyiaran bisa dianggap sebagai bagian dari ibadah sosial yang dilakukan oleh lembaga penyiaran itu sendiri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.