Dark/Light Mode

Hadi-Zulkifli New Comer Di Kabinet

Rabu, 15 Juni 2022 07:58 WIB
Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)
Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, bertepatan dengan Rabu Pahing, Presiden Jokowi dikabarkan akan mengumumkan reshuffle kabinet. Sehari sebelumnya, Jokowi sudah manggilin menteri, dan para tokoh yang disebut-sebut bakal jadi menteri, ke Istana. Mantan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan termasuk dari dua tokoh yang akan masuk ke kabinet.

Sinyal kuat bakal adanya reshuffle kabinet itu, sudah terasa dan terlihat sejak kemarin siang. Sekretaris Kabinet, Pramono Anung yang selama ini dikenal irit bicara, tiba-tiba ngomong panjang lebar soal reshuffle kabinet.

Politisi senior PDIP itu, tidak membantah bakal ada perombakan kabinet. Namun, dia menegaskan, urusan reshuffle merupakan domainnya Presiden Jokowi. "Mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden," kata Pramono di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Pegadaian Hadirkan The Gade Coffee di Sarinah

Lantas siapa menteri yang bakal kena depak? Eks Sekjen PDIP itu menegaskan, urusan itu tentunya Presiden sudah paham. Jokowi sudah 8 tahun menjadi presiden. Jadi sudah tahu betul apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan secara cepat. "Pemerintahan ini kan masih 2 tahun lagi," ucapnya.

Satu jam setelah Pramono bicara, satu per satu menteri berdatangan ke Istana. Rombongan pertama datang siang hari. Rombongan kedua datang sore hari. Bersamaan dengan pemanggilan menteri, datang juga sejumlah tokoh. Beragam ekspresi ditunjukkan para tamu yang dipanggil Jokowi itu. Ada yang berbinar-binar, ada juga yang gusar.

Rombongan pertama yang datang adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, disusul Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Beberapa menit kemudian datang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Baca juga : Hailey Beiber, Dirawat Karena Stroke

Setengah jam kemudian, Syahrul keluar. Apa yang dibahas Pak? Apa soal reshuffle? Menteri asal NasDem itu, menggelengkan kepala. Kata dia, kedatangannya ke Istana untuk rapat membahas soal pangan. Salah satunya terkait ekspor beras. "Aku diminta mempersiapkan kalau memang kebutuhan beras cukup, sekali-kali ekspor," kata eks Gubernur Sulawesi Selatan itu.

Ditanya lagi soal reshuffle, Syahrul memilih irit berkomentar. "Aku kerja aja, (soal reshuffle) ada Allah SWT yang mengatur segalanya," ucapnya, sambil meninggalkan wartawan.

Sesaat kemudian, Airlangga dan Siti muncul di pintu gerbang. Namun, keduanya enggan memberikan keterangan. Saat diburu awak media, keduanya bergegas masuk ke dalam mobil.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.