Dark/Light Mode

Hadi-Zulkifli New Comer Di Kabinet

Rabu, 15 Juni 2022 07:58 WIB
Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)
Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selepas azan Maghrib, Zulkifli Hasan datang ke Istana. Kabar kedatangan Wakil Ketua MPR yang akrab disapa Zulhas ke Istana ini, dibenarkan oleh para anak buahnya; Waketum PAN, Yandri Susanto dan Ketua DPP PAN, Bima Arya. Apa terkait menteri? Bima Arya mengaku, sejak siang tadi mendapat informasi partainya akan mendapat posisi satu menteri. Terkait posisi menteri mana yang bakal didapatkan PAN, dia mengaku belum tahu.

"Di posisi mana pun, saya kira banyak kader yang siap dan kami mempercayakan sepenuhnya pada Ketum. Jadi, poinnya di PAN tidak ada perdebatan, bagi PAN ini hal yang biasa-biasa saja, kalau diberi amanat, kita sangat siap, kalau belum pun, kita akan mengawal sampai di ujung," kata Bima.

Soal kabar Zulkifli akan menggantikan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Bima menyerahkan urusan itu ke presiden. Namun, Sekjen PAN Eddy Soeparno berharap ketumnya menggantikan posisi M Lutfi. "Kalau saya diminta menebak, Mendag. Mudah-mudahan tebakannya pas," ujar Eddy, tadi malam.

Baca juga : Pegadaian Hadirkan The Gade Coffee di Sarinah

Ketua DPR, Puan Maharani juga ikut berkomentar soal reshuffle yang akan dilakukan Jokowi. Meskipun ada perombakan kabinet, Puan yakin para menteri dari PDIP itu, akan aman.

Sekjen PKB, Hasanudin Wahid yakin, perombakan kabinet tidak akan mengganggu jatah menteri yang dimiliki partainya. Ia juga yakin menteri asal PKB tak akan kena reshuffle. "Insya Allah aman-aman aja," kata Hasanudin.

Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate berkomentar diplomatis soal reshuffle ini. "NasDem siap kurang, siap tetap, siap tambah," tegas Plate.

Baca juga : Hailey Beiber, Dirawat Karena Stroke

Menteri Komunikasi dan Informatika ini menyebut, ketika Jokowi melakukan perombakan kabinet, pasti hal tersebut telah melalui evaluasi dan pertimbangan rasional. "Kami mendukung keputusan Presiden dalam melakukan reshuffle kabinet kapan saja, siapa saja, dan dengan cara apa pun juga, termasuk dengan reposisi anggota apabila Bapak Presiden membutuhkannya," tegasnya. 

Sampai pukul 23.30 tadi malam, tak nampak lagi ada menteri atau tokoh di luar kabinet yang kembali dipanggilin Jokowi. Juga tidak ada kepastian dari pihak Istana terkait reshuffle ini, apakah akan diumumkan hari ini, lalu siapa yang diganti, dan siapa yang masuk.

Namun, isu yang santer setelah Jokowi manggilin menteri dan para tokoh ini, diprediksi Zulhas dan Hadi akan jadi menteri. Zulhas diprediksi akan diarahkan menjadi Mendag, sedangkan Hadi akan menjadi Menteri ATR/Kepala BPN. Isu lainnya, ada wamen yang akan diganti dengan tokoh lain. Seperti apa finalnya? Kita lihat hari ini.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.