Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bakrie Amanah-Yatim Mandiri Resmikan Huntara Bagi Korban Erupsi Semeru

Jumat, 17 Juni 2022 22:01 WIB
Peresmian huntara bagi korban erupsi Gunung Semeru yang dilakukan Bakrie Amanah dengan Yatim Mandiri. (Foto: Dok. Bakrie Amanah)
Peresmian huntara bagi korban erupsi Gunung Semeru yang dilakukan Bakrie Amanah dengan Yatim Mandiri. (Foto: Dok. Bakrie Amanah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakrie Amanah berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan partisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk di daerah penyintas bencana. Salah satunya melalui program bantuan Rumah Bakrie untuk Negeri, yang sudah dilaksanakan pekan ini.

Hunian tersebut, baik hunian tetap maupun hunian sementara, diharapkan mampu meningkatkan motivasi, juga energi serta kesejahteraan sosial masyarakat pascabencana. Terutama masyarakat yang terdampak dengan rusaknya bangunan tempat mereka. 

Bakrie Amanah kali ini bersama dengan Yatim Mandiri bersama-sama membangun hunian sementara (huntara) untuk masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru yang berada di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Dengan jumlah total 31 huntara yang dibangun di sekitar kawasan relokasi penyintas erupsi. Sebanyak 10 rumah telah selesai dibangun dan siap untuk dihuni.

Baca juga : Kiai Ma'ruf Tak Merasa Dicuekin

Sebelum dihuni penerima manfaat, dilakukan acara seremonial peresmian huntara dan juga groundbreaking pembangunan lanjutan huntara tahap kedua. Acara peresmian dilakukan secara simbolis diserahkan Kepala Divisi Program Bakrie Amanah Mochamad Noerhakim, General Manager Yatim Mandiri Sugeng Riyadi & Kepala Cabang Yatim Mandiri Cabang Lumajang Hariadi ke penerima manfaat. 

Kepala Divisi Program Bakrie Amanah Mochamad Noerhakim mengatakan, peresmian huntara ini menjadi salah satu titik awal kebangkitan masyarakat penyintas pascabencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi akhir 2021. Pada saat kejadian, banyak masyarakat yang kehilangan tempat tinggalnya karena rusak akibat terkena erupsi.

“Pada pekan pertama tanggap darurat erupsi Semeru akhir tahun lalu, kami mengirim tim respons cepat siaga bencana. Pada saat itu, kami banyak melakukan aktivitas kemanusiaan seperti operasi SAR gabungan, memberikan layanan kesehatan, mengadakan layanan psychological untuk anak-anak, mendistribusikan obat-obatan, mendistribusikan masker, mendistribusikan rendang kaleng dan melakukan sosial mapping area,” ujar Hakim.

Baca juga : Perluas Jangkauan Layanan, Bank Mantap Resmikan Kantor Cabang Di Surabaya

Sejalan dengan tujuan Bakrie Amanah untuk bisa menemui solusi atas kesejahteraan masyarakat, lanjut Hakim, pihaknya pun juga turut berkontribusi dalam program recovery. “Alhamdulillah bekerja sama dengan Yatim Mandiri kami bisa membangun unit-unit hunian sementara untuk para penyintas,” tambahnya.

General Manager Yatim Mandiri Sugeng Riyadi mengatakan, kolaborasi dengan Bakrie Amanah diharapkan dapat membantu membangkitkan semangat masyarakat sehingga bisa hidup normal seperti sedia kala. “Bertumbuhnya ekonomi masyarakat juga menjadi harapan kita semua. Program Huntara yang kita sinergikan dengan Laz Bakrie ini atas dasar wa ta'aa wanuu 'alalbirri wattaqwaa (tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan),” ujarnya.

Rangkaian acara peresmian ini dihadiri Nurfida, bocah selamat dari erupsi kala pulang mengaji dan orang tuanya yang juga nanti akan menempati hunian ini. Orang tua Nurfida sangat senang dengan bantuan hunian untuk para penyintas erupsi.

Baca juga : Tingkatkan Kenyamanan Peserta di Pulau Madura, TASPEN Resmikan Gedung Kantor Cabang di Pamekasan

Program Hunian Sementara yang dilaksanakan Bakrie Amanah dan Yatim Mandiri dibangun di atas tanah relokasi yang telah diatur Kementerian PUPR. Peta lokasi titik sebaran rumah-rumah hunian untuk penyintas lebih tertata rapi dan terstruktur. Dimulai dari drainase dan juga instalasi listrik yang memadai.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.