Dark/Light Mode

Rahasiakan 1 Partai Yang Mau Gabung KIB

Airlangga, Diam-diam Menghanyutkan

Senin, 11 Juli 2022 07:30 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (Foto: ANTARA).
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
“Ini justru memberikan kesempatan kepada parpol-parpol lainnya, termasuk PD untuk bisa terlibat nantinya dalam penentuan paslon setelah soal platform dimaksud bisa diselesaikan,” kata Wakil Ketua MPR itu.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi juga mengaku senang, jika benar Demokrat gabung KIB. Bahkan, ia meminta partai yang diketua Agus Harimurti Yudhoyono itu, segera menentukan sikap.“Ayolah Partai Demokrat jangan malu-malu bergabung di KIB. KIB akan senang jika PD ikut bergabung,” ujarnya.

Baca juga : Relawan Gerakan BerkAH Indramayu Siap Menangkan Airlangga Hartarto Di Pilpres 2024

Ia menganggap, platform yang dimiliki Demokrat mirip-mirip dengan KIB. Sehingga, jika memang benar partai besutan SBY itu bergabung, maka KIB akan semakin kuat menuju pertarungan di Pemilu 2024 mendatang.

Kata Viva, jika partai berlogo Mercy itu bergabung dengan KIB, tentu akan banyak keuntungan yang didapat. Ia mengistilahkan dapat paket: beli satu dapat tiga. Alias hanya dengan Golkar, tetapi juga dengan PAN dan PPP. Itulah keuntungan politiknya.

Baca juga : Airlangga Pasang Badan Untuk Jokowi

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin tidak bisa menduga-duga, siapa yang akan bergabung dengan KIB. Namun, dia mengapresiasi kepiawaian para bos parpol di KIB dalam membangun komunikasi politik. “Tentu apa yang disampaikan Airlangga bisa jadi itu sebuah strategi merahasiakan partai yang akan bergabung tersebut,” ulas Ujang, saat dihubungi, tadi malam.

Menurutnya, jika benar ada parpol yang bergabung, dan terbukti solid, KIB akan diperhitungkan. Juga sebaliknya, jika masing-masing parpol mengedepankan egonya, koalisi ini akan rentan.

Baca juga : Dunia Gandengan Tangan Bantu Rakyat Afghanistan

Siapapun parpolnya, baik yang ada di parlemen atau bukan. “Tapi saya melihatnya ketika Airlangga mengatakan itu, artinya KIB dihitung secara politik menjadi partai yang pertama kali berkoalisi,” kata Ujang.

Hanya saja, ia menilai akan lebih baik lagi jika Airlangga segera membeberkan rahasia itu. Keuntungannya, KIB akan menjadi poros kekuatan politik yang layak diperhitungkan. Dengan begitu, KIB akan memenangkan pertarungan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.