Dark/Light Mode

Dikuatkan Keputusan MK

IKN Nusantara Jalan Terus!

Sabtu, 23 Juli 2022 06:40 WIB
Ilustrasi. Ibu Kota Negara Nusantara IKN. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. Ibu Kota Negara Nusantara IKN. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Demikian diputus dalam permusyawaratan hakim oleh sembilan hakim konstitusi yaitu Anwar Usman, selaku ketua merangkap anggota, Aswanto, Enny Nurbaningsih dan lain-lain,” kata Usman.

Sebelumnya, beberapa kelompok masyarakat juga sudah menggugat IKN ke MK. Namun, nasibnya sama; MK menolak karena gugatan dianggap kedaluarsa.

Kelompok tersebut adalah Aliansi Rakyat Gugat Pemindahan Ibukota Negara (Argumen) yang beranggota­kan Busyro Muqoddas, Walhi, Aliansi Masyarakat Adat Indonesia, dan beberapa warga lokal juga menggugat UU IKN.

Baca juga : Ganja Untuk Kesehatan Masih Diharamkan Ya..!

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menegaskan, pembangunan IKN Nusantara harga mati dan harus terus berjalan. Meskipun banyak penolakan dan gugatan.

Dia mengungkapkan, sudah banyak negara yang menyampaikan minat untuk berinvestasi di proyek IKN Nusantara. Hanya saja, kata dia, pihaknya kan tidak mungkin setiap memberitahukan negara mana saja yang mau investasi.

“Saya ingin mengatakan bahwa investasi yang akan masuk ke IKN, negara-negaranya itu sudah ada,” ujar Bahlil.

Baca juga : DKI Klaim Transjakarta Sudah Jalani Rekomendasi KNKT

Bahlil mengaku belum lama ini sempat mendampingi Chairman Foxconn bertemu dengan Presiden Jokowi. Dalam kesempatan itu, Chairman Foxconn pun menyampaikan keinginannya untuk ikut masuk di proyek pengembangan kota pintar IKN.

“Saya mengatur pertemuan lagi untuk Bapak Presiden ke Korea, saya ketemu Posco. Posco pun ingin melakukan investasi, makanya kita ke sana mau lakukan kunjungan ke beberapa pengem­bangan kota baru,” katanya.

Bahlil mengajak semua pihak agar tetap optimis terkait pembangunan IKN. Dia juga menegaskan, pembangunan IKN tidak akan mundur dan akan dilakukan sebagaimana rencana yang telah diten­tukan.

Baca juga : Buffon Favoritkan Juventus Dan Inter Juara Seri A

“Jadi menurut saya, tidak ada kata mundur. IKN harga mati, dan harus jalan terus,” tegasnya.

Netizen hanya bisa pasrah melihat permohonan pembatalan undang-undang IKN yang diajukan beragam kelompok ditolak MK. Ajakan mendukung pem­bangunan IKN pun digaungkan.

Akun @Hartati44247904 tidak sepakat dengan argumen MK yang menolak guga­tan karena pembentukan UU IKN dinilai sudah sesuai regulasi dan konstitusi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.